Pakar Pendidikan: Tugas Kampus Selama Kuliah Daring Jangan Rumit

- 23 Maret 2020, 12:57 WIB
ILUSTRASI bekerja online atau daring.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Pakar Pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia Cecep Darmawan menuturkan, dalam melaksanakan perkuliahan secara daring, dosen perlu memilih materi yang cocok untuk dipelajari secara daring. Dosen juga perlu memilih metode penugasan yang tepat.

"Materi yang cocok untuk kuliah daring yakni yang bisa dipelajari mandiri oleh mahasiswa. Bukan materi yang butuh elaborasi teoretik yang rumit dan rinci dengan dosen," ucap Cecep kepada "PR", Senin 23 Maret 2020.

Materi kuliah juga perlu ditunjang dengan petunjuk berupa buku elektronik (ebook) dan jurnal elektronik (ejournal) yang relevan. Penugasan kelompok terpimpin juga dimungkinkan agar mahasiswa bisa berinteraksi dan berkolaborasi dengan mahasiswa lain secara daring.

Baca Juga: Unpad dan ITB Resmi Batasi Akses, Tak Sembarang Orang Bisa Keluar Masuk Kampus

"Dalam hal tertentu adakan dialog interaktif secara daring antar mahasiswa sekelas dengan dosen yang bersangkutan," ujar Cecep.

Oleh karena itu, dosen harus bersifat proaktif dan melek teknologi informasi. Selain itu, selama kuliah daring, dosen harus memperhatikan waktu pengumpulan tugas yang diterapkan oleh dosen-dosen lain. Jangan sampai, waktu pengumpulan tugas dari sejumlah dosen bersamaan.***

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X