Kamis, 9 April 2020

Universitas Terbuka Tawarkan Kemitraan Belajar Daring bagi Perguruan Tinggi (PT), Sri : UT Miliki Pengalaman Lebih dari 35 Tahun

- 23 Maret 2020, 11:38 WIB
ILUSTRASI belajar jarak jauh.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Universitas Terbuka (UT) menawarkan bantuan teknis pembelajaran daring bagi perguruan tinggi lainnya melalui Learning Management System (LMS).

UT yang telah  melakukan pembelajaran daring selama 35 tahun telah menyiapkan platform pembelajaran daring untuk satu semester yang dimulai pada 23 Maret 2020.  

Baca Juga: Pertamina Berencana Turunkan Harga BBM, Ini Faktor Penyebabnya

Kepala Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan UT Sri Sedyaningsih mengatakan, seiring dengan kebijakan belajar di rumah oleh sejumlah perguruan tinggi, karena wabah virus corona, pembelajaran daring yang dilakukan oleh UT selama ini dapat menjadi acuan praktik.

Menurutnya, tidak semua perguruan tinggi memiliki pengalaman dan infrastruktur LMS.

"UT siap bersinergi dengan perguruan tinggi lain yang juga mengikuti himbuan Kemendikbud untuk belajar daring sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19," kata dia dalam siaran persnya, Senin, 23 Maret 2020.

Baca Juga: Persib Libur Latihan Sehari, Ini Agenda Terdekat di Jeda Kompetisi Liga 1 2020

Menurutnya, LMS UT dapat diakses melalui https://lms.ut.ac.id. UT menyediakan platform LMS selama satu semester, mulai tanggal 23 Maret 2020 sampai dengan akhir semester genap tahun 2020.

Mitra UT yang ingin bekerjasama dikatakannya bisa mengirimkan surat elektronik ke layanan-lmsut@ecampus.ut.ac.id.

Sri mengatakan, belajar secara daring merupakan suatu keniscayaan ketika menyikapi perkembangan saat ini. UT dikatakannya telah berpengalaman selama lebih dari 35 tahun dalam mengelola pembelajaran daring. "Kami siap membantu perguruan tinggi negeri dan swasta di Tanah Air dengan memanfaatkan LMS UT," tuturnya.

Baca Juga: Takut Tertular Virus Corona karena Belanja Online? Simak Faktanya

Ia menambahkan, LMS UT dikelola oleh staf IT berpengalaman dan telah menjadi tulang punggung UT menyediakan layanan belajar daring selama lebih dari 15 tahun.

Fitur-fitur yang tersedia dalam LMS UT dikatakannya, dikembangkan dengan ramah pengguna dengan mempertimbangkan hak akses pengguna, bahan ajar, aktivitas, nilai dan visualisasi belajar daring. ***


Editor: Syamsul Bachri

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X