Minggu, 5 April 2020

Ditunda, Pemilihan Ketua Ikatan Alumni Universitas Katolik Parahyangan (IKA Unpar)

- 20 Maret 2020, 13:41 WIB
Unpar.* /DOK. PR

PIKIRAN RAKYAT - Kongres VI Ikatan Alumni Universitas Katolik Parahyangan (IKA Unpar) yang sedianya akan diselenggarakan besok, Sabtu, 21 Maret 2020, di Kampus Unpar ditunda hingga keadaan kondusif. Salah satu agenda Kongres tersebut, yaitu memilih Ketua Umum IKA Unpar.

Selain karena imbauan pemerintah atau arahan Rektor Unpar, penundaan Kongres VI juga dilakukan dengan mempertimbangan faktor kemanusiaan. 

Ketua Kongres Bambang Priatmono menuturkan, imbauan pemerintah disusul berbagai protokol resmi yang diterbitkan menjadi rujukan pengunduran jadwal Kongres.

Baca Juga: Beredar Kabar Pasar Tradisional Kota Cimahi Ditutup karena Corona, Ternyata Hoaks

Mekanisme pemilihan Ketua Umum IKA Unpar tahun ini diganti dari semula sistem coblos menjadi pemilhan dengan perangkat elektronik atau e-voting. Meski demikian, bukan berarti pemilihan dilakukan dari rumah masing-masing.

“Kalau mau dilaksanakan dengan e-Voting, maka syarat kredensial kuorum tetap harus dipenuhi dengan kehadiran di tempat Kongres. Lagi pula, agenda Kongres kali ini bukan hanya memilih Ketua Umum," ujar Bambang dalam rilis yang diterima Pikiran-Rakyat.com Jumat, 20 Maret 2020.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ajak Seluruh Pihak Bersinergi Redam Dampak Ekonomi dari Pandemi Covid-19

Ketua Umum IKA Unpar Rainier Haryanto menambahkan, pelaksanaan Kongres VI IKA Unpar diperkirakan baru akan dilaksanakan paling lambat satu bulan setelah pemerintah menyatakan situasi terkait virus corona sudah aman.

Secara teknis, persiapan dan kesiapan Kongres tidak masalah. Dengan penundaan Kongres, beberapa vendor yang sudah dipesan dibatalkan, tetapi hal itu dapat dimengerti oleh vendor.

Baca Juga: Bima Arya Positif, Ridwan Kamil Instruksikan Kepala Daerah Segera Lakukan Tes Covid-19

Sementara itu, Rektor Unpar Mangadar Situmorang telah meniadakan semua kegiatan perkuliahan tatap muka langsung sampai dengan akhir Semester Genap 2019/2020. Termasuk kegiatan tatap muka langsung yang melibatkan kehadiran pihak luar Unpar. Kegiatan perkuliahan, ujian, dan kegiatan lainnya akan dilaksanakan menggunakan metode daring. ***


Editor: Syamsul Bachri

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X