Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Unisba Hentikan Perkuliahan Tatap Muka Selama Tiga Pekan

- 17 Maret 2020, 13:21 WIB
ILUSTRASI kuliah.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Universitas Islam Bandung (Unisba) menghentikan perkuliahan tatap muka dan menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama tiga pekan ke depan. Langkah tersebut dilakukan sebagai antisipasi penyebaran virus corona di lingkungan kampus.

Sistem kegiatan PJJ diterapkan sejak Senin 16 Maret 2020 hingga Sabtu 4 April 2020. Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Rektor Nomor 181/G.13/Rek-k/2020 tentang Pencegahan Penularan COVID-19 di lingkungan Unisba.

Baca Juga: Geram Rekomendasinya Tidak Diindahkan, Golkar Sebut Pemilihan Wakil Bupati Bekasi Seperti Dagelan

Rektor Unisba Edi Setiadi menuturkan, Unisba telah membatasi berbagai kegiatan yang melibatkan kerumunan orang yang melebihi 50 orang sejak Senin 16 Maret 2020. Kerumunan yang dimaksud, adalah kegiatan akademik maupun nonakademik, kecuali kegiatan yang sangat mendesak dan telah disetujui pimpinan fakultas atau unit.

Unisba juga akan menerapkan sistem ujian di rumah dari Senin 23 Maret 2020 sampai Sabtu 4 April 2020 dengan memanfaatkan platform e-learning yang dimiliki Unisba, yakni ekuliah.unisba.ac.id.

Baca Juga: Perbankan Mulai Terapkan Bekerja dari Rumah karena Ancaman Corona

Selain itu, Unisba juga menangguhkan kunjungan ke luar negeri atau mendatangkan tamu dari luar negeri selama kurun waktu tersebut.

“Saya mengimbau kepada seluruh pegawai untuk menangguhkan kunjungan ke daerah atau objek wisata yang terindikasi penyebaran virus. Selain itu, bagi civitas akademika yang pulang dari area terkonfirmasi infeksi corona, maka dilarang untuk mendatangi kampus dalam 14 hari, namun tetap melaksanakan kewajibannya di rumah,” kata Edi seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima Pikiran-Rakyat.com Selasa, 17 Maret 2020.

Menindaklanjuti Surat Edaran Rektor Nomor 181/G.13/Rek-k/2020, Wakil Rektor II Unisba Atih Rohaeti Dariah juga mengintruksikan para pegawainya untuk bekerja di rumah. Hal ini dilakukan sebagai upaya merespon meningkatnya jumlah penderita corona di Indonesia. Instruksi tersebut berlaku sejak Selasa 17 Maret 2020 hingga Minggu 29 Maret 2020.

Baca Juga: 75% Pengguna Internet Indonesia Gunakan Aplikasi Pemetaan, Ariek : 21,7 Juta Orang Manfaatkan Layanan Ride-Hailing

Seluruh pegawai termasuk pejabat struktural diperkenankan untuk bekerja dari rumah tanpa mengurangi kinerja, tingkat kehadiran, dan tunjangan kerja. Dia mengimbau seluruh pegawai wajib mengaktifkan alat komunikasi dari pukul 08.00 sampai 15.30 WIB sesuai jam kerja untuk menunjang kepentingan pekerjaan.

Namun, peraturan tersebut juga tidak sepenuhnya menghentikan seluruh kegiatan kampus. Atih mengatakan, Unisba masih tetap memperbolehkan sebagian karyawan beraktivitas di kampus dengan upaya preventif yang tinggi.


Baca Juga: Di Tengah Krisis Corona Stok BBM Dijamin Aman

Untuk pekerjaan penting, Unisba tetap memberikan izin dengan syarat orang tersebut memilki surat tugas dari pimpinan atau unit kerja masing-masing dan dilaporkan ke bagian sumber daya manusia dan administrasi umum.

“Setiap orang yang akan beraktivitas di lingkungan kampus wajib mempunyai dan memperlihatkan Surat Keterangan atau Surat Ijin Kegiatan kepada petugas keamanan (Satpam) yang dikeluarkan oleh pimpinan masing-masing termasuk pekerja bangunan atau tamu dari luar,” ujar Atih.

Baca Juga: Di Tengah Ancaman Corona, Pemerintah Awasi Persediaan Barang dan 11 Bahan Pokok

Dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus corona, Unisba juga melakukan beberapa langkah strategis, seperti membuat pos pemeriksaan suhu tubuh di setiap gerbang masuk dan menyediakan masker bagi civitas akademika Unisba yang memiliki keluhan batuk, pilek, dan demam. Warga Unisba pun bisa melakukan pemeriksaan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kesehatan Unisba.

Pelayanan UPT Kesehatan atau Klinik Unisba tetap beroperasi dengan jam kerja normal mulai pukul 08.00 hingga 15.00 sampai tanggal Sabtu 21 Maret 2020. Sementara pada Senin 23 Maret 2020 hingga Senin 29 Maret 2020 Klinik Unisba akan beroperasi pada pukul 08.00 hingga 12.00. ***

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X