Pikiran Rakyat dan Uninus Kerja Sama Tingkatkan SDM

- 4 Maret 2020, 14:35 WIB
DIREKTUR Bisnis PT Pikiran Rakyat Januar P. Ruswita (kanan) berjabat tangan usai menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Rektor Universitas Islam Nusantara (Uninus) Agus Sudaya (kiri) di Kampus Uninus, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu 4 Maret 2020. Kedua belah pihak sepakat meningkatkan sumber daya manusia baik bagi universitas maupun perusahaan media.*
DIREKTUR Bisnis PT Pikiran Rakyat Januar P. Ruswita (kanan) berjabat tangan usai menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Rektor Universitas Islam Nusantara (Uninus) Agus Sudaya (kiri) di Kampus Uninus, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu 4 Maret 2020. Kedua belah pihak sepakat meningkatkan sumber daya manusia baik bagi universitas maupun perusahaan media.* /RANI UMMI FADILA/PR

PIKIRAN RAKYAT – PT Pikiran Rakyat menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Nusantara (Uninus) dalam bidang pendidikan. Kedua belah pihak menyadari, kemajuan sumber daya manusia (SDM) baik bagi universitas maupun perusahaan pers tidak akan terwujud tanpa kerja sama dengan pihak lain. 

Kesepakatan kerja sama ditandatangani di Kampus Uninus, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Rabu 4 Maret 2020. Uninus diwakili oleh Rektor Uninus Agus Sudaya, sedangkan PT Pikiran Rakyat diwakili Direktur Bisnis Januar P. Ruswita.

Baca Juga: Masker dan Hand Sanitizer Masih Tersedia di Kimia Farma, Erick : Harganya Tidak Naik, Rp 2.000 untuk Masker

Rektor Uninus Agus Sudarya berharap, kerja sama yang terjalin kemarin bisa dituangkan dalam berbagai kegiatan, seperti kesempatan magang bagi mahasiswa Uninus di Pikiran Rakyat.

Selain itu, pakar jurnalistik dari PT Pikiran Rakyat diharapkan bisa meluangkan waktunya untuk melatih mahasiswa Uninus di kampus. Tanpa kerja sama dengan pihak luar, termasuk media massa, kualitas lulusan Uninus tidak akan optimal.

"Harapannya (dengan adanya kerja sama) lulusan Uninus khususnya di Fikom bisa sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan industri media," kata Agus.

Baca Juga: Hutan Gundul di Majalengka, Lereng Gunung Miring pun Jadi Lahan Tanam Cabai Rawit dan Bawang

Direktur Bisnis PT Pikiran Rakyat Januar P. Ruswita mengatakan, seiring perubahan zaman, dunia pers pun berubah dari semula hanya bertugas menyampaikan informasi, menjadi instansi pemberi solusi bagi masyarakat.

Perubahan itu tidak akan terwujud tanpa kerja sama dengan berbagai pihak, yakni pengusaha, pemerintah dan akademisi.

Masalah di dunia pers pun bisa terpecahkan dengan adanya kerja sama dengan universitas. Saat ini masih banyak wartawan yang kurang kompeten. Oleh karena itu, menurut Yepi, model pengajaran di program studi yang berkaitan dengan media bisa disesuaikan agar menghasilkan lulusan yang kompeten.

Baca Juga: Raih Tiga Penghargaan pada Debutnya Bersama Persib di Liga 1 2020, Wander Luiz: Saya Tidak Boleh Puas dengan Ini Semua

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia wilayah Jawa Barat Hilman Hidayat menambahkan, sudah banyak kegiatan kerja sama yang bisa dilakukan antara industri pers dan universitas. Kegiatan yang sudah dilakukan salah satunya sertifikasi keprofesian bagi calon lulusan universitas.

PWI sebagai asosiasi bidang pers menyediakan sertifikat profesi wartawan. Selain itu, kerja sama yang telah terjalin yakni pembuatan jurnal ilmiah.

Di sisi lain, PWI pun membutuhkan dukungan dari universitas untuk meningkatkan mutu wartawan.

Baca Juga: Doa di antara Adzan dan Iqomah yang Mustajab di Mata Allah

"Masih banyak wartawan yang belum tersentuh pendidikan jurnalistik. Saya harap PWI dan Uninus bisa bekerja sama dalam penelitian-penelitian," ujar Hilman.

Selain dengan PT Pikiran Rakyat, Uninus juga menjalin kerja sama dengan sejumlah media massa lain. Tak hanya media massa, kerja sama juga dijalin dengan Ikatan Notaris Indonesia wilayah Bandung. Kerja sama dengan para notaris akan diterjemahkan dalam kegiatan-kegiatan seminar dan diskusi hukum.***

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X