Senin, 6 April 2020

Aplikasikan Kebijakan Kampus Merdeka, Universitas Menjalin Kerjasama dengan Berbagai Pihak

- 13 Februari 2020, 15:48 WIB
UNIVERSITAS Islam Nusantara (Uninus) menandatangani nota kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dalam sektor industri, di Kampus Uninus, Kamis 13 Februari 2020. * /Rani Ummi Fadila/”PR”

PIKIRAN RAKYAT - Sejumlah universitas memperluas kerjasama dengan sektor industry, dalam rangka menjalankan kebijakan Kampus Merdeka yang diusung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Termasuk memperluas kerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Universitas Islam Nusantara (Uninus) memperluas kerjasama dengan menggandeng PT BorSya Cipta Communica yang bergerak di bidang pembuatan fiber optik dan Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI).

Rektor Uninus Agus Sudarya berharap dengan terjalinnya kerja sama ini, kegiatan penelitian dan pelatihan antara Uninus dengan dua pihak tersebut bisa berjalan lancar. Nota kerja sama ditandatangani pada Kamis, 13 Februari 2020.

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, Kemenkes Tunjuk 7 Rumah Sakit Rujukan Infeksi di Jawa Barat

Selain menjalin kerjasama dengan PT BorSya Cipta Communica dan PRSNNI, Uninus juga sudah menjalin kerja sama dengan BUMN, yakni Perum Bulog. Mahasiswa Fakultas Pertanian Uninus akan berkontribusi membantu Perum Bulog dalam menciptakan ketahanan pangan di Indonesia.

"Ketahanan pangan tidak bisa berdiri sendiri. Oleh karena itu (Perum Bulog) perlu bersinergi dengan Uninus," ujar Agus di Kampus Uninus, Kamis 13 Februari 2020.

Jalinan kerja sama dengan berbagai pihak akan terus dikembangkan Uninus, untuk mengaplikasikan kebijakan Kampus Merdeka. Dalam kebijakan Kampus Merdeka, mahasiswa berhak belajar di luar kampus selama dua semester dan belajar silang program studi selama satu semester.
Baca Juga: Satgas Pangan Polda Jabar dan Indag Jabar Amankan 150 Ton Bawang Putih di Karawang, Ada Dugaan Penimbunan

Oleh karena itu, Uninus menganggap perlu jalinan kerjasama dengan berbagai pihak, khususnya dalam sektor industri.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Islam Bandung Edi Setiadi mengatakan, untuk menerapkan kebijakan Kampus Merdeka, universitas perlu membuka banyak jaringan kerjasama dengan sektor industri.

Karena itu, Edi berterima kasih kepada Uninus yang telah menfasilitasi Unisba dalam menjalinan kerja sama dengan sektor industri. Uninus dan Unisba pun akan saling bekerja sama untuk kemajuan kampus.

Baca Juga: Mendikbud Nadiem Makarim Ungkap Dua Kebijakan yang Belum Tersentuh, Satu di Antaranya Soal Guru

"Perguruan tinggi tidak bisa seperti menara gading, hidup sendiri, butuh komunitas lain," kata Edi.

Unisba akan menjalin kerjasama dengan lebih banyak perusahaan agar membuka ruang bagi mahasiswa belajar di luar kampus. Termasuk dengan pihak BUMN, seperti PT Telekomunikasi Indonesia. ***


Editor: Syamsul Bachri

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X