Rabu, 19 Februari 2020

UIN Buka SNMPTN dan SBMPTN, Universitas Terbuka Hanya Buka SNMPTN di LTMPT

- 22 Januari 2020, 15:43 WIB
SEJUMALH calon mahasiswa baru mengikuti tes mandiri di aula Kampus Universitas Islam Negeri Bandung, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, 2015 lalu. Tahun ini UIN membuka SNMPTN dan SBMPTN.* /ARIF HIDAYAH/PR

PIKIRAN RAKYAT – Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Mohammad Nasih menuturkan, pada tahun ini ada 85 perguruan tinggi negeri (PTN) yang terdaftar dalam LTMPT.

Dari 85 PTN itu, 11 di antaranya merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam atau Universitas Islam Negeri (UIN). 

“Mulai tahun ini bertambah ada Universitas Terbuka (UT) yang baru bergabung, tapi hanya ikut di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Itu pun hanya untuk dua program studi yang berhubungan dengan teknologi informasi dengan total daya tampung hanya 50 orang,” ucap Nasih di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu, 22 Januari 2020.

Baca Juga: Polisi Ungkap Laporan Resmi Penyebab Kecelakaan Bus di Subang yang Tewaskan 8 Orang

Berbeda dengan UT yang hanya ikut di SNMPTN, UIN yang bisa ikut di SNMPTN juga membuka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Kendati demikian, UIN hanya bisa ikut SNMPTN dan SBMPTN untuk bidang studi atau program studi umum. “Jadi prodi yang khusus keagamaan tidak ikut,” katanya.

Beberapa UIN yang sudah bergabung dengan LTMPT antara lain UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, dan UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Baca Juga: Angkat Sisi Lain Kerajaan Inggris melalui Serial The Prince, Orlando Bloom 'Gantikan' Pangeran Harry

Nasih mengatakan, LTMPT sedang meningkatkan sinergisitas dengan politeknik agar bisa bergabung dengan LTMPT. 

Ia menuturkan, saat ini dalam Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 60 Tahun 2018 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, politeknik belum bergabung dengan LTMPT. 

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X