Rabu, 26 Februari 2020

Animo Pelajar di Sukabumi untuk Kuliah Semakin Menurun  

- 16 Januari 2020, 09:38 WIB
WALI Kota Sukabumi Achmad Fahmi membuka gelaran tarhib Ramadan yang diikuti ribuan warga Sukabumi pada Sabtu, 4 Mei 2019. Tradisi ini dilakukan guna menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1440 H.* /AHMAD RAYADIE/PR

 

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, mencemaskan animo  para pelajar dijenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajatnya, untuk melanjutkan pendidikan  di Perguruan Tinggi (PT) semakin melemah.

Mereka tidak lagi antusias seiring isu mahalnya biaya kuliah dan hidup saat melanjutkan pendidikan di luar Kota Sukabumi. 

Apalagi semakin lemahnya perekonomian menyebabkan para pelajar tidak lagi bersemangat. Mereka kini, lebih memilih mencari pekerjaan untuk membantu orang tuanya. 

Baca Juga: Daftar Beasiswa Pemerintah Turki 2020, untuk S1, S2 dan S3 

Padahal banyak pelajar berprestasi dan berpotensi untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi. Mereka kini terhenti hanya lulusan SMA sederajatnya, karena terbentuk biaya untuk melanjutkan belajar kejenjang perguruan tinggi. 

"Informasi mahalnya melanjutkan pendidikan lebih tinggi menyebabkan  semangat para pelajar melemah. Mereka tidak lagi berminat kuliah di perguruan tinggi," kata Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Kamis, 16 Januari 2020.  

Achmad Fahmi mengungkapkan kini tengah mencari solusi untuk memotivasi para pelajar untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Bahkan sejumlah pihak mulai melakukan upaya mendorong para pelajar terutama yang berprestasi untuk kuliah diperguruan tinggi di kota-kota besar lainnya. 

Baca Juga: Skeptis akan Usulan Ganti Perjanjian Nuklir dengan Kesepakatan Trump, Menlu Iran: Bisa Berjalan Berapa Lama?

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X