Jumat, 28 Februari 2020

Guru PNS Terus Berkurang, Peran Guru Honorer Vital di Pangandaran

- 18 Desember 2019, 18:23 WIB
BUPATI Pangandaran, Jeje Wiradinata (kiri) menyerahkan hadiah umroh kepada Asep Rian Astriana, Guru Seni Budaya di SMPN 2 Parigi saat Peringatan Hari Guru yang digelar oleh PGRI Kabupaten Pangandaran di GOR SMAN 1 Pangandaran, Rabu, 18 Desember 2019.* /AGUS KUSNADI/KP

PIKIRAN RAKYAT - Peran guru honorer di Kabupaten Pangandaran menjadi sangat strategis. Pasalnya jumlah guru PNS dengan jumlah guru honorer hampir berimbang.

"Bahkan ada di beberapa sekolah SD hanya diisi oleh dua guru PNS," ungkap Ketua PGRI Kab Pangandaran, Undang Kosasih, Rabu, 18 Desember 2019.

Beruntung tingkat kesejahteraan para guru honorer di Pangandaran, menurut Undang, sudah mengalami kemajuan jika dibanding sebelum-sebelumnya. "Pak Bupati sudah konsen memperhatikan kesejahteraan para guru honorer," ujarnya. 

Baca Juga: Mendikbud Nadiem Makarim Diminta Perhatikan Motivasi Guru, Bisa Dipancing dengan Insentif

Dia pun memaklumi jika pada anggaran tahun 2020 nanti, Pemkab Pangandaran belum bisa meningkatkan kembali kesejahteraan guru honorer. Pasalnya, Pemkab masih berkonsentarsi pada kebutuhan operasional rumah sakit dan pelaksanaan Pilkada. 

"Jadi kami maklumi lah, dikasih insentif yang cukup dibandingkan dengan kabupaten lainnya ya masih Alhamdulillah lah, tapi yang kami akui adalah keseriusan pak Bupati yang memperhatikan pendidikan," kata Undang. Dia menyebut jumlah anggota PGRI Kabupaten Pangandaran saat ini mencapai 2.350 orang. 

Baca Juga: Kuota Jalur Prestasi Jadi 30%, Kemendikbud Yakin Kasta Sekolah Tak Muncul Lagi

Ditempat yang sama, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menjelaskan kondisi menyusutnya jumlah guru berstatus PNS. "Saya jadi tahu guru yang pensiun ada 250 sementara kita mengangkat hanya 117, terjadi gap kan? Sehingga peran guru honorer jadi sangat penting," ujar Jeje. 

Menurut Jeje, dalam proses pendidikan terdapat tiga hal penting. Ketiganya adalah guru, murid, dan sarana.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X