Sabtu, 22 Februari 2020

Indonesia dan Malaysia Kerja Sama Teliti Sistem Syaraf, UI dan Unpad Ikut Berkolaborasi

- 15 Desember 2019, 20:56 WIB
Unpad.* /DOK. PR

JAKARTA, (PR).- Perguruan tinggi Indonesia dan Malaysia bersepakat mengadakan berkolaborasi dalam penelitian di bidang neurosains yang berfokus pada sistem syaraf.

Menteri Riset Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro berharap kolaborasi ini dapat berfokus pada pencegahan sekaligus penanganan penyakit syaraf.

"Pendekatannya mendorong riset yang sifatnya preventif, walaupun juga mendorong riset yang sifatnya menyembuhkan atau kuratif. Nanti mereka yang tentukan agendanya. tapi yang saya tekankan adalah silakan berkolaborasi," kata Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Minggu 15 Desember 2019.

Baca Juga: Nadiem Makarim Pastikan Rp 307 Triliun Dana Pendidikan Mengalir ke Daerah

Bambang  berharap kolaborasi ini dapat berjalan berdasarkan target yang disepakati peneliti kedua negara agar kolaborasi ini produktif dalam menghasilkan riset baru.

"Harus jelas targetnya apa dalam waktu tertentu, supaya kolaborasi ini tidak sekadar menjadi ajang saling tahu atau cari informasi, tapi bersama mencapai sesuatu pada waktu tertentu," harap Menristek/Kepala BRIN.

Bambang mengungkapkan kerja sama antar negara seperti ini akan menjadi fokus Kemenristek/BRIN selama lima tahun ke depan.

Baca Juga: Wujudkan Amanat Permendikbud, Disdik Jabar Selenggarakan Bimtek Pendidikan Keluarga

Bambang mengungkapkan Kementeriannya akan mendukung pendanaan untuk kolaborasi yang berpotensi produktif dalam menghasilkan riset dan inovasi baru.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X