Jumat, 24 Januari 2020

Selain Menghapus UN, Berikut Program Merdeka Belajar yang Diajukan Mendikbud Nadiem Makarim

- 11 Desember 2019, 13:48 WIB
MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (tengah) bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019). Rapat kerja tersebut beragenda perkenalan dan pemaparan program kerja Kemendikbud tahun 2020.* /INDRIANTO EKO SUWARSO/ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim telah menyiapkan empat program yang disebut "Medeka Belajar".

Keempatnya meliputi perubahan pada Ujian Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.

Mantan CEO Gojek ini meyakini empat program tersebut akan menjadi arah pembelajaran ke depan bagi Indonesia. Keempatnya juga dibentuk sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Film Pendek Tak Ada yang Gila di Kota Ini, yang Dibintangi Oka Antara Tembus Kompetisi Sundance Film Festival 2020

"Empat program pokok kebijakan pendidikan tersebut akan menjadi arah pembelajaran kedepan yang fokus pada arahan presiden dan wakil presiden dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia," kata Nadiem Makarim sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara, Rabu 11 Desember 2019.

Program USBN

Tahun depan USBN tidak lagi dilakukan oleh pemerintah pusat melainkan oleh pihak sekolah masing-masing.

Pelaksanaan USBN tahun depan dinilai lebih mengarah untuk menilai kompetensi siswa yang dapat dilakukan dalam bentuk tes atau bentuk penilaian lainnya yang lebih komprehensif.

Baca Juga: Upah Minimum Karawang Lebih Tinggi dari Kuala Lumpur, Kadisnakertrans: Nanti Orang KL yang Bekerja di Jabar

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X