PISA, Pendidikan Indonesia Molor di Peringkat 5 Terbawah, Peneliti Pendidikan Dunia Pertanyakan Metode Tes

- 11 Desember 2019, 09:01 WIB
SEJUMLAH pelajar SMK tingkat akhir mencari informasi lowongan pekerjaan saat bursa kerja di halaman Dinas Tenaga Kerja, Kediri, Jawa Timur, Rabu, 13 November 2019.* /Prasetia Fauzani

PIKIRAN RAKYAT - Hasil survei baru dari OECD Program for International Student Assessment (PISA) 2018 menunjukkan bahwa pelajar di Indonesia memiliki nilai paling rendah di bidang Matematika, Sains, dan Membaca disandingkan dengan 79 negara lain yang memiliki kondisi ekonomi serupa.

Hasil survei berupa statistik juga menampilkan bahwa kemampuan pelajar di Indonesia mengenai 3 bidang tersebut menduduki posisi terendah dibandingkan negara-negara di wilayah Asia Tenggara.

Hasil menunjukkan bahwa pelajar Indonesia memiliki kemampuan literasi dengan skor 371 di tahun 2018 dengan berkurangnya 21 poin jika dibandingkan dengan jumlah poin tahin 2015, sedangkan rata-rata hasil survery OECD secara keseluruhan adalah 487.

Skor PISA
Skor PISA

Baca Juga: BTS sampai Blackpink Jadi Bahan Perbincangan Jelang Akhir Tahun 2019, Hashtag #KPop Trending di Twitter

Skor yang ditampilkan tersebut menuai beberapa kritikan dan komentar dari beberapa negara terkait menurunnya kualitas pendidikan bagian bidang matematika, sains, dan memaca.

Menteri pendidikan Australia bahkan memeperingati bahwa 'alarm' harus dibunyikan.

Seperti yang dikutip dari abc.net.au, Dan Tehan, Menteri Pendidikan Australia menegaskan bahwa, "alarm harus berbunyi". Tehan mengklaim dia akan mengangkat masalah dengan menteri negara bagian dan teritori untuk pendidikan pada pertemuan Dewan Pendidikan di Alice Springs minggu ini per 10 Desember 2019.

Secara khusus, Tehan mengatakan dia ingin "mengembalikan kemampuan membaca dan berhitung kembali berkualitas sebagaimana mestinya".

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: OECD, ABC.net, The Conversation, The Culture Trip


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X