Jumat, 24 Januari 2020

Mutu Sekolah Negeri Lebih Baik Dibanding Swasta, Semestinya Terbalik

- 10 Desember 2019, 17:33 WIB
KEGIATAN belajar mengajar berlangsung di SDN 3 Pataruman, Kabupaten Garut, Rabu, 4 Desember 2019. Pihak sekolah terpaksa meminjam tabungan siswa untuk membiayai keperluan belajar mengajar karena dana Bantuan Operasional Sekolah belum juga cair.*/RANI UMMI FADILA/PR /

JAKARTA, (PR).- Pemerhati pendidikan dari Center for Regulations and Development Analysis Indra Charismiadji mengatakan, seharusnya mutu sekolah swasta di Indonesia berada di atas sekolah negeri.

"Namun kenyataannya di Indonesia malah sebaliknya, mutu sekolah negeri lebih baik dari swasta. Hanya beberapa sekolah swasta yang bagus-bagus yang mutunya di atas sekolah negeri," ujar Indra dalam diskusi pendidikan di Jakarta, Selasa 10 Desember 2019.

Hal itu terjadi karena siswa yang tidak diterima di sekolah negeri masuk ke sekolah swasta. Kondisi itu, lkata dia, hanya terjadi di Indonesia.

Berbeda dengan negara-negara lainnya, sekolah negeri memang diperuntukkan untuk semua siswa dan gratis. Sedangkan sekolah swasta diperuntukkan untuk siswa dari keluarga yang mampu.

Baca Juga: Bandingkan dengan Luar Negeri, Mendikbud Nadiem Makarim Heran Mutu Sekolah Swasta di Indonesia

"Jadi orang seperti Mas Menteri akan heran sekolah negeri lebih bagus dari swasta, karena beliau lulusan luar negeri," ujar Indra kepada Antara.

Rendahnya mutu sekolah swasta tersebut, juga diperparah dengan regulasi yang menyamaratakan antara sekolah swasta dan negeri.

Padahal, sekolah swasta berbeda dengan sekolah negeri, yang sekolah swasta membayar sedangkan sekolah negeri gratis. Untuk itu, Indra meminta agar ada aturan sendiri untuk sekolah swasta.

Baca Juga: Soal Revitalisasi Guru, IKA UPI Komisariat Departemen Sejarah Beri Masukan untuk Mendikbud Nadiem Makarim

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X