Minggu, 26 Januari 2020

Kemendikbud Targetkan 65 Persen Lulusan SMK Bekerja Sesuai Kompetensinya

- 9 Desember 2019, 06:05 WIB
SEJUMLAH pelajar SMK tingkat akhir mencari informasi lowongan pekerjaan saat bursa kerja di halaman Dinas Tenaga Kerja, Kediri, Jawa Timur, Rabu, 13 November 2019.* /Prasetia Fauzani

JAKARTA, (PR).- Kementerian Pendidikan dan Kebudayan menargetkan 65 persen lulusan SMK Pertanian bekerja sesuai kompetensinya.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Kemendikbud akan meneruskan program revitaliasi SMK yang dilakukan sejak 2016.

Pertanian menjadi salah satu sektor bidang unggulan Indonesia dalam meningkatkan daya saing perekonomian. Baik untuk kepentingan dalam negeri maupun luar negeri.

Baca Juga: Pemerintah Didorong Beri Tunjangan Khusus untuk Guru yang Mengajar di Daerah Sangat Terpencil

Bahkan, Presiden RI Joko Widodo meyakini, pada tahun depan Indonesia bisa meningkatkan ekspor beras.

“Untuk mewujudkan itu, kami mengajak seluruh pemangku kepentingan mengambil peran agar target 65 persen siswa lulusan SMK khususnya bidang pertanian dapat bekerja sesuai dengan kompetensinya,” ujar Kepala Sub Direktorat Penyelarasan Kejuruan, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Saryadi di Jakarta, Minggu, 8 Desember 2019.

Ia mengatakan, tingkat keterserapan lulusan SMK dalam dunia usaha dan industri menjadi salah satu indikator keberhasilan revitalisasi SMK.

Ia berharap, target tersebut tidak meleset karena mendapat dukungan penuh dari pelaku usaha.

“Pihak-pihak yang terlibat bisa berpartisipasi dalam mewujudkan target tersebut agar keuntungannya tidak hanya dirasakan pemerintah daerah saja. Tetapi juga membawa manfaat yang lebih besar bagi peningkatan sumber daya manusia di Indonesia,” katanya.***

Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X