Sabtu, 18 Januari 2020

Nadiem Makarim Bicara Soal Kemerdekaan Belajar Siswa dan Dosen Bergerak di Kehidupan Kampus

- 8 Desember 2019, 17:21 WIB
MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan sambutan dalam pelantikan Rektor Universitas Indonesia (UI) di Kampus UI, Rabu 4 Desember 2019.* /DOK. HUMAS UI

DEPOK, (PR).- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim menyampaikan pesan khusus dalam prosesi pelantikan Rektor Universitas Indonesia belum lama ini.

Nadiem Makarim berpesan agar proses pembelajaran kampus menekankan ‎kemerdekaan belajar dan dosen yang bergerak.

Hal tersebut dilontarkan Nadiem dalam pelantikan rektor UI periode 2019-2024 Prof Ari Kuncoro, SE, MA, PhD di Kampus UI, Depok Rabu 4 Desember 2019.‎

"Prioritas perguruan tinggi sama halnya dengan prioritas kementerian, lembaga lainnya di Indonesia yaitu SDM unggul. Sebagai perguruan tinggi, maka UI dapat mengambil peran untuk mencetak para lulusan calon pemimpin masa depan," kata Nadiem Makarim dalam keterangan Humas UI.

Baca Juga: Mutu Pelajar Indonesia Menurun, Mendikbud Nadiem Makarim Soroti Sebaran Guru

Saat ini, lanjutnya, pendidikan berada di tengah ketidakpastian. ‎"Gelar tidak menjamin kompetensi, kelulusan tidak menjamin kesiapan berkarya, akreditasi tidak menjamin mutu, masuk kelas tidak menjamin belajar," ujarnya.

‎Untuk itu, Nadiem punya penafsiran sendiri terkait urusan mencetak SDM unggul di universitas dengan kemerdekaan belajar dan dosen bergerak.

"Kemerdekaan belajar dalam artian memberi kebebasan dan otonomi kepada lembaga pendidikan, dan merdeka dari birokratisasi, dosen dibebaskan dari birokrasi yang berbelit serta mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang mereka sukai," ucapnya.

Baca Juga: Mutu Pendidikan Jeblok, Guru Minta Nadiem Makarim Revolusi Sistem Pendidikan

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X