Rabu, 29 Januari 2020

Pemerintah Didorong Beri Tunjangan Khusus untuk Guru yang Mengajar di Daerah Sangat Terpencil

- 7 Desember 2019, 18:49 WIB
Guru.* /DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (IKA UPI) Dr (HC) Enggartiasto Lukita mendorong pemerintah agar memberikan tunjangan khusus bagi para guru yang mengajar di daerah sangat terpencil, terluar atau tertinggal.

"Distribusi guru juga menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh dunia pendidikan kita, khususnya aspek tenaga pendidik atau pengajar. Pendistribusian yang tidak merata ini harus dicari sebabnya," kata Enggartiasto Lukita seusai membuka Seminar Nasional "Revitalisasi Profesionalisme Guru" di Balai Pertemuan UPI Kota Bandung, Sabtu 7 Desember 2019 seperti diberitakan Antara.

Sebagai contoh, kata Enggar, tidak meratanya pendistribusian guru juga bisa ditemukan di Provinsi Jawa Barat, seperti di Kabupaten Subang yakni ada sekolah yang hanya memiliki satu orang guru.

Baca Juga: Guru Honorer Tak Kuasa Menahan Tangis, 30 Tahun Mengajar Upah Hanya Rp 125 Ribu

"Jadi dia mengajar semua kelas mata pelajaran. Tetapi di kota besar, begitu banyak gurunya karena ada beberapa yang tidak ada lapangan kerjanya. Ini harus dicari sebabnya yaitu siapa yang mau ditempatkan di daerah terpencil, dengan penghasilan yang tidak sama atau ungkin lebih rendah," kata dia.

Oleh karena itu, kata Enggar, harus ada perubahan sistem honor dan gaji bagi guru yang ditempatkan untuk mengajar di tempat sangat terpencil.

"Ada istilah dalam kepegawaian itu data sharing. Mereka ditempatkan di daerah terpencil tapi ada tunjangan khusus," kata dia.

Baca Juga: Ribuan Guru Honorer Kabupaten Bandung Terganjal Tak Bisa Dapatkan Sertifikasi

Dalam seminar tersebut, Mantan Menteri Perdagangan ini juga membahas tentang revitalisasi profesionalisme guru memang perlu diprioritaskan terlebih sumber daya manusia menjadi fokus pembangunan periode kedua Presiden Jokowi.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X