Senin, 16 Desember 2019

Lembaga Kursus Jadi Opsi Anak Putus Sekolah Beroleh Keterampilan

- 4 Desember 2019, 17:58 WIB
Expo Kursus 2019 tingkat Provinsi Jawa Barat di REVO Town, Rabu 4 Desember 2019.* /RIESTY YUSNILANINGSIH/PR

BEKASI, (PR).- Lembaga kursus bisa menjadi salah satu opsi mengasah keterampilan dan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia. Termasuk pula bagi mereka yang mengalami putus sekolah.

"Sudah banyak mereka yang putus sekolah lantas mengakses lembaga kursus supaya bisa berdaya, bahkan bisa tampil menjadi wirasusahawan," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah.

Ia menyampaikan hal itu usai pembukaan Expo Kursus 2019 tingkat Provinsi Jawa Barat di REVO Town, Rabu 4 Desember 2019.

Pada acara tersebut, lembaga kursus dari 27 kota/kabupaten se-Jabar turut ambil bagian membuka stand memamerkan keunggulan lembaga kursus masing-masing.

Baca Juga: Mutu Pendidikan Jeblok, Guru Minta Nadiem Makarim Rrevolusi Sistem Pendidikan

Inayatullah mengatakan, alasan di balik tingginya minat mereka yang putus sekolah mengakses lembaga kursus ialah dalam waktu yang relatif cepat, seseorang bisa memperoleh keahlian, keterampilan, bahkan bisa sampai dinyatakan kompeten hingga dibekali sertifikat kompetensi.

"Oleh karenanya, dengan mengikuti kursus, walaupun mengalami putus sekolah, tapi ada harapan bagi mereka di masa depan berbekal keahlian yang diperoleh selama pelatihan," katanya.

Inayatullah menambahkan, bagi mereka yang mengalami putus sekolah, ada insentif yang diberikan Pemerintah Kota Bekasi untuk mengikuti pelatihan di lembaga kursus.

"Sepanjang tahun 2019 ini ada ratusan yang kami biayai mengikuti kursus, meski angka pastinya saya tidak hapal," ucapnya.


Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X