Senin, 16 Desember 2019

Mutu Pendidikan Jeblok, Rombak Undang-Undang Sisdiknas

- 4 Desember 2019, 17:33 WIB
SISWA di SDN Kalianyar II tengah mengikuti pembelajaran pada Sabtu, 7 September 2019. Bangunan sekolah tersebur sudah tak layak pakai.*/GELAR GANDARASA/PR /Gelar Gandarasa

JAKARTA, (PR).- Pemerintah harus mengevaluasi secara menyeluruh sistem pendidikan nasional. Pasalnya, mutu pelajar Indonesia saat ini masih sama dengan 18 tahun lalu.

Hal itu tercermin dari hasil program penilaian pelajar internasional (PISA). Posisi Indonesia tidak pernah naik, bahkan terus turun sejak menjadi peserta PISA pada 2000.

Pengamat Pendidikan dari Center of Education Regulation and Development Analysis (Cerdas) Indra Charismiadji menilai, langkah awal yang harus diambil pemerintah adalah dengan merevisi UU Sistem Pendidikan Nasional.

Bersamaan dengan itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga harus mengevaluasi secara holistik semua program yang sudah dan sedang berjalan.

Baca Juga: Mendikbud Nadiem Makarim Sebut Mahasiswa Harusnya Merdeka dalam Belajar

Ia menegaskan, terpuruknya posisi Indonesia di peringkat PISA mencerminkan bahwa selama ini, sistem pendidikan nasional yang dijalankan salah arah.

Evaluasi tidak bisa dilakukan dengan hanya menilai program tertentu saja yang diampu Kemendikbud. Keterpurukan ini merupakan tanggung jawab eksekutif dan legislatif yang mendesain model pendidikan nasional selama ini.

“Pemerintah sudah konsisten mempertahankan kebodohan. Sejak 2000 sampai 2018 skor PISA tetap sama. Dana yang di keluarkan sudah ribuan triliun tapi hasilnya sama. Itu artinya selama ini program dan regulasi yang ada tidak membuat bangsa ini cerdas. Isi PISA itu intinya adalah lebih banyak anak bangsa lain yang lebih cerdas dibandingkan anak Indonesia,” kata Indra di Jakarta, Rabu 4 Desember 2019.

Indra menyatakan, UU Sisdiknas harus masuk dalam proyek legilasi nasional. Segala bentuk program dan kebijakan yang diambil Kemendikbud mengacu kepada UU tersebut.


Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X