Jumat, 13 Desember 2019

PPDB Harus Berbasis Data

- 4 Desember 2019, 16:15 WIB
FOTO ilustrasi orangtua dan siswa saat melakukan pendaftaran PPDB.* /DOK. ANTARA

BANDUNG, (PR).- Pemerintah Provinsi Jawa Barat harus mulai berani menerapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online (daring) sepenuhnya dengan memanfaatkan data. Pemerintah tinggal menyiapkan sistem yang memudahkan perpindahan data antar instansi.

Ketua Komisi Informasi Jawa Barat Dan Satriana mengatakan, PPDB 2019 lalu secara teknis masih bermasalah. Persoalan itu antara lain pendaftaran dianggap belum tertib dan merepotkan, pengumuman belum efektif dan lengkap, pelaporan dan pengaduan dianggap tidak cepat dan berjenjang.

"Tiga hal itu bisa diselesaikan tanpa menunggu Peraturan Menteri (soal PPDB, red)," kata Dan saat berbicara di Rapat Evaluasi PPDB 2019 dan Perencanaan PPDB 2020 di Hotel Holiday Inn Bandung, Rabu 4 Desember 2019.

Baca Juga: Indonesia Pertahankan Status Raja Bulu Tangkis Asia Tenggara

Ia mengatakan, pendaftaran PPDB bisa dilakukan secara online. Pendaftar tak perlu lagi mengumpulkan berkas-berkas fisik dan harus datang ke sekolah. Sebab semua data-data yang menjadi syarat itu sebenarnya sudah dimiliki pemerintah.

Data yang ia maksud bisa dari data Pokok Pendidikan juga data kependudukan. Tinggal bagaimana pemerintah berkoordinasi dan membuat sistem agar data yang ada di dinas lain bisa terkumpul dengan mudah.

"Semua harus berdasar data. Data itu akurat tinggal koordinasi data. Pengelolaan pendaftaran berbasis data akan mengurangi inkonsistensi alamat dan sebagainya," katanya.

Menurut Dan, Disdik Provinsi Jabar harus berkoordinasi dengan SMP yang dikelola oleh pemkot dan pemkab. SMP lah yang memiliki data siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP). Pemerintah bisa memilihkan sekolah untuk mereka. Jika tidak mau, mereka bisa mengikuti mekanisme yang ada.

Baca Juga: Berkecimpung di Bidang Olahraga Sampai Politik, Erick Thohir Diberikan Penghargaan


Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X