Senin, 16 Desember 2019

Bahan Ajar Harus Disesuaikan Perkembangan Teknologi

- 4 Desember 2019, 13:21 WIB
PARA dosen FKIP Unpas menghadapi laptop untuk pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis dalam jaringan (daring/online) yang diadakan, Rabu, 4 Desember 2019.* /Dok Unpas

BANDUNG,(PR).- Bahan ajar yang selama ini diberikan dosen kepada mahasiswanya harus disesuaikan dengan perkembangan di era industri 4.0.

Hal itu disebabkan seringkali bahan ajar masih mengacu kepada perkembangan masa lalu yang diberikan untuk era sekarang.

"Untuk menyiasati perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat sehingga kami me vadakan pelatihan pembuatan bahan ajar kepada para dosen," kata Dekan FKIP Unpas, Uus Toharuddin, di ruang kerjanya, Rabu, 4 Desember 2019.

Baca Juga: Fakultas Kedokteran Unpas Ditargetkan Bisa Akreditasi A pada Lima Tahun Mendatang

Lebih jauh Uus mengatakan, bahan ajar termasuk bahan perkuliahan yang saat ini diberikan kepada mahasiswa lebih banyak berbentuk modul dan diktat.

"Kami berharap dengan adanya pelatihan ini sehingga para dosen bisa membuat bahan ajar dalam bentuk digital e-learning dengan pembelajaran kombinasi antara tatap muka dan belajar jarak jauh atau hibrid learning dan blended learning," ujarnya didampingi Wakil Dekan I FKIP Unpas, Darta.

Salah satu kelemahan dosen apalagi dosen yang sudah mengajar lama, kata Uus, adalah penguasaan teknologi informasi.

Baca Juga: Teknologi Alat dan Mesin Diyakini Dorong Milenial Jadi Petani

"Saya akui juga saya ini masih gaptek bila dibandingkan dengan para mahasiswa yang selalu berhubungan dengan teknologi. Namun mau gak mau dosen harus bisa menyesuaikan dirinya dengan perkembangan teknologi," ujarnya.


Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Tags

Komentar

Terkini

X