Jumat, 13 Desember 2019

IPB Masuk 40 Besar Kampus Hijau Dunia

- 3 Desember 2019, 23:04 WIB
Pada ajang UI Green Metric tahun 2019 di Balai Sidang Universitas Indonesia, Selasa, 3 Desember 2019, IPB mendapatkan peringkat dua nasional Dan peringkat 40 dunia dalam kategori kampus ramah lingkungan.*/DOK HUMAS IPB /

 

BOGOR, (PR).- IPB (Institut Pertanian Bogor mendapatkan predikat sebagai kampus dunia yang ramah lingkungan.

Pada ajang UI Green Metric tahun 2019 di Balai Sidang Universitas Indonesia, Selasa 3 Desember 2019, IPB mendapatkan peringkat dua nasional dan peringkat 40 dunia dalam kategori kampus ramah lingkungan .

Peringkat tersebut didasarkan pada enam kategori utama, yaitu setting infrastructure, energy and climate change, waste, water, transportation, dan education and research.Tujuh belas pilar utama pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) juga menjadi kriteria tambahan dalam penilaian.

Baca Juga: Bantu Industri Sawit, Inovasi Mahasiswa IPB Diakui Dunia

Melalui penilaian tersebut, perguruan tinggi yang terdaftar dalam UI Green Metric diharapkan mampu menjadi kampus yang ramah lingkungan.

Tidak hanya menjadi slogan sebagai kampus ramah lingkungan, tetapi diharapkan juga menjadi budaya civitas akademik kampus yang senantiasa menjaga alam dan lingkungan.

Tahun ini terdapat 780 universitas dari 85 negara di seluruh dunia yang terdaftar dalam UI Green Metric 2019. Di Indonesia sendiri, ada 72 perguruan tinggi yang ikut serta.

“UI Green Metric harus tetap digaungkan di seluruh dunia, selain membawa nama harum Indonesia juga membuat para calon pemimpin bangsa yang merupakan lulusan dari suatu kampus, memiliki bekal dan senantiasa menerapkan kehidupan yang ramah lingkungan,” tutur M. Dimyati, Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan dalam sambutannya mewakili Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset Nasional RI.

Sebagai kampus pertanian, IPB University bersama Wageningen University and Research, University of Oxford, University of California Davis dan universitas hijau dunia lainnya terus berupaya menjadi leader kampus ramah lingkungan atau green campus dunia.


Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X