Jumat, 13 Desember 2019

ACT Ajak Masyarakat Berdonasi untuk Guru Kurang Sejahtera

- 3 Desember 2019, 20:01 WIB
Guru.* /DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap atau ACT mengajak masyarakat Indonesia untuk memberi bantuan tunai kepada para guru yang kurang sejahtera melalui program Sahabat Guru Indonesia.

Branch Manager ACT Jawa Barat Renno I Mahmoeddin mengatakan di wilayah Jawa Barat ada sebanyak 185.000 guru yang penghasilan per bulannya di bawah Upah Minimum Provinsi (UMP).

Guru tersebut terdiri atas guru honorer di sekolah formal maupun guru relawan di sekolah-sekolah non-formal seperti pesantren dan madrasah.

"Program ini dalam rangka Hari Guru, juga untuk memuliakan guru, di Indonesia ada sekitar satu juta lebih guru yang belum sejahtera, bahkan ada yang bekerja tanpa menerima gaji sepeser pun," kata Renno di Kantor ACT Jawa Barat, Jalan Lodaya, Kota Bandung, Selasa 3 Desember 2019 kepada Antara.

Baca Juga: Di Bogor, 1.198 Guru Masih Menanti Gaji

Menurut Renno, penghasilan para guru tersebut berkisar antara nol rupiah hingga Rp500 ribu per bulan. Besaran tersebut dinilai tidak memadai untuk menunjang kegiatan operasional dan kehidupan sehari-hari para guru tersebut.

Maka dari itu, kata dia, ACT tergerak untuk membantu para pahlawan tanpa tanda jasa tersebut agar kehidupannya lebih baik.

Menurut dia, program dalam jangka panjang tersebut adalah memberi bantuan sebesar Rp 500.000 kepada 185.000 guru pra-sejahtera di Jawa Barat. Namun, di awal program, penerima bantuan tersebut adalah 10 orang perwakilan guru pra-sejahtera dari berbagai daerah di Bandung Raya.

"Sementara 10 orang guru ini kita beri bantuan tunai terus-menerus selama 1 tahun penuh," kata dia.


Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X