Jumat, 13 Desember 2019

Mutu Pelajar Indonesia Turun, Nadiem Makarim Berkomentar

- 3 Desember 2019, 18:38 WIB
MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.*/REUTERS /

JAKARTA, (PR).- Mutu pelajar Indonesia turun berdasarkan hasil program penilaian pelajar internasional (PISA).

Saat ini, Indonesia menduduki peringkat 72 dari 77, sedangkan pada 3 tahun lalu menempati posisi 63 dari 71 negara peserta PISA.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menegaskan, kondisi tersebut harus diketahui masyarakat, terutama para pemangku kebijakan terkait pengembangan sumber daya manusia.

“Disampaikan saja apa adanya. Ini menjadi bahan evaluasi seluruh pihak, terutama Kemendikbud. Kita harus mengambil pelajaran besar dari hasil PISA ini. Kita harus mulai mengubah paradigma dalam membangun dunia pendidikan nasional,” kata Nadiem di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Selasa 3 Desember 2019.

Baca Juga: Mendikbud Nadiem Makarim Minta Kepala Sekolah Hilangkan Naluri Penguasa

Dalam penilaian tahun ini, Tiongkok menduduki peringkat pertama menyalip Singapura. Negara-negara maju seperti Finlandia, Swedia dan Taiwan berada di peringkat 10 besar.

Brasil yang pada 2016 satu peringkat di bawah Indonesia kini menduduki peringkat 57.

Baca Juga: Gerindra Kritisi Wacana Nadiem Makarim Hapuskan Ujian Nasional

“Saya senang memiliki laporan dari PISA ini. Sangat penting untuk memberikan kami perspektif. Perspektif sangat penting untuk memberikan inside baru, suatu angle baru, bukan hanya untuk mengukur, tetapi juga melihat apa yang dilakukan (Kemendikbud) sejauh ini. Di sinilah kunci untuk meningkatkan cara belajar, karena kami sudah menemukan perspektif baru dari PISA ini,” ujarnya.


Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X