Rabu, 3 Juni 2020

Nadiem Makarim akan Ikut Pilih Rektor ITB

- 26 Oktober 2019, 20:06 WIB
SEPULUH Bakal Calon Rektor ITB menyampaikan visi dan misi di depan para audien pada sidang terbuka senat akademik ITB saat Paparan dan Debat 10 Bakal calon Rektor ITB periode 2020 - 2025 di Aula Barat ITB di Jalan Ganesha, Kota Bandung, Sabtu, 26 Oktober 2019.*/ADE MAMAD/PR

BANDUNG, (PR).- Pemilihan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) akan menjadi pemilihan rektor Perguruan Tinggi Negeri Bernadan Hukum (PTNBH) pertama yang akan diikuti oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim. Mendikbud mempunyai hak suara dalam pemilihan rektor di universitas yang berstatus PTNBH.

Sebelumnya, hak pilih tersebut dimiliki oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebagai anggota ex-officio Majelis Wali Amanat (MWA). Setelah urusan pendidikan tinggi digabungkan di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka hak suara dalam pemilihan rektor PTNBH berada di tangan Mendikbud yang kini dijabat oleh mantan CEO Go Jek Nadiem Makarim.

"Tanggal 8 November pemilihan satu dari tiga calon rektor, nanti rapat dengan Mas Menteri (Nadiem)," kata Ketua MWA ITB Yani Panigoro usai pelaksanaan Sidang Senat Terbuka ITB dengan agenda pemaparan dan debat Bakal Calon Rektor ITB 2020-2025 di Aula Barat ITB, Sabtu, 26 Oktober 2019. 

Ketua Senat Akademik ITB Hermawan Kresno Dipojono mengatakan, pemilihan Rektor ITB 2020-2025 nanti akan menjadi yang pertama diikuti oleh Nadiem. "Sepertinya ITB yang pertama karena dalam bulan-bulan ini hanya ITB PTNBH yang pemilihan. Lainnya sudah ya, UI, IPB, Unpad, ITS sudah," katanya.

Mempertemukan dua pendiri start up raksasa

Menurutnya, hal ini menjadi sesuatu yang menarik. Nadiem menjadi representasi generasi muda milenial. Ia berharap Nadiem mempunyai terobosan-terobosan yang mengejutkan.

"Bayangan saya, beliau kan generasi yang berbeda jauh dengan kami. Saya kan generasi yang sekarang sudah 60, beliau milenial ya 35 tahun. Beliau pasti punya sesuatu yang tidak terpikirkan oleh kami," tuturnya.


Ia menambahkan, ITB harus bersiap dengan terobosan-terobosan Mendikbud baru ini. ITB harus bisa bekerja cepat, adaptif, dan memiliki terobosan-terobosan untuk kebaikan negara.

Rapat MWA ITB akan mempertemukan pendiri dua start up raksasa di Indonesia. Selain Nadiem, juga ada CEO BukaLapak Achmad Zaky. Zaky menjadi anggota MWA ITB dari unsur masyarakat.***

Editor: Endah Asih


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X