Minggu, 23 Februari 2020

Mesin Akan Ambil Pekerjaan Rutin, Lulusan UPI Harus Kreatif

- 8 Oktober 2019, 13:24 WIB
REKTOR Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Asep Kadarohman melantik 4.760 wisudawan.*/CATUR RATNA WULANDARI/PR

BANDUNG, (PR).- Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Asep Kadarohman melantik 4.760 wisudawan. Banyaknya jumlah wisudawan pada satu gelombang menunjukkan semakin banyak mahasiswa yang lulus tepat waktu.

"Hal ini merupakan indikator semakin baiknya layanan akademik dan nonakademik para pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan kepada para mahasiswa selama menempuh pendidikan di UPI," kata Asep pada Wisuda Gelombang III tahun ajaran 2019/2020 di Gedung Gymnasium Kampus UPI, Jalan Dr. Setiabudhi, Bandung, Selasa 7 Oktober 2019.

Pada wawancara sebelumnya, Asep mengatakan, masa studi mahasiswa UPI saat ini rata-rata sembilan semester. Ia berharap, pada masa yang akan datang rata-rata masa studi mahasiswa sarjana bisa menjadi delapan semester.
 
Prosesi wisuda dibagi menjadi tiga, Selasa-Kamis (6-8/10/2019) di tempat yang sama. Wisudawan UPI diharapkan mampu beradaptasi di tengah situasi yang terus berubah ini.

Rektor mengatakan, lulusan UPI berhadapan dengan situasi nyata masyarakat di era disrupsi. Maka lulusan UPI harus mampu beradaptasi dengan situasi yang cepat dan tidak menentu ini.

"Para lulusan diharapkan untuk lebih kreatif, artinya cerdas menangkap berbagai peluang yang ada serta memili jiwa kompetitif yang tinggi, mau dan mampu berdaya saing dalam meraih berbagai peluang serta kesempatan," tutur Asep.

Ia mengatakan, di era revolusi industri 4.0 pekerjaan yang bersifat rutin akan diganti oleh mesin. Maka itu mahasiswa harus memiliki kreativitas yang tak bisa digantikan oleh mesin.

Lulusan UPI harus mempunyai pemahaman tentang kewirausahaan. Sehingga para sarjana baru diharapkan bisa mengembangkan peluang-peluang kerja baru yang lebih kreatif.

Manusia unggul

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum hadir pada hari pertama prosesi wisuda ini. Ia mengatakan, lulusan keguruan UPI bisa menjadi penolong bagi bangsa untuk mencetak manusia unggul lainnya. UPI diharapkan melahirkan guru yang memiliki kompetensi, idealisme, dan profesional sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan.

Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X