Minggu, 8 Desember 2019

Sudah 20 Persen Startup Binaan SBM ITB Mendapatkan Pendanaan

- 20 September 2019, 06:13 WIB
DIREKTUR Thegreaterhub SBM ITB Dina Dellyana dalam peluncuran Coaching Clinic UKM Jabar Batch 2, 2019, di Auditorium Labtek SBM ITB, Bandung, 11 September 2019. Sebanyak 60 mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung akan memulai pendampingan usaha bagi 243 usaha kecil menengah (UKM) Jawa Barat.*/MUHAMMAD FIKRY MAULUDY/PR

BANDUNG, (PR).- Sebanyak 20 persen dari startup yang dibina oleh inkubator Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) berhasil mendapat suntikan dana, baik dari venture capital maupun investor.

Direktur Inkibator Bisnis The Greaterhub Dina Dellyana menjelaskan, jumlah startup yang didampingi setiap tahun bertambah. Setiap tahun, terdapat dua batch pendampingan startup. Pada 2017, jumlahnya 12 startup setiap batch atau 24 startup setahun. Jumlahnya meningkat menjadi 48 startup pada 2018 dan 70 startup pada 2019.

"Dua puluh persen sudah mendapat pendanaan," kata Dina saat konferensi pers di Gedung SBM ITB, Kamis, 19 September 2019. 

Jumlah pendanaan bervariasi, ada yang mendapat Rp 300 juta, ada juga yang mendapat hingga Rp 2 miliar.

Dina mengatakan, selain soal pendanaan, The Greaterhub juga menghubungkan startup dengan akselerator yang lebih besar. "Ada tiga startup yang masuk ke Indigo (startup akselerator milik PT Telkom Indonesia)," katanya.
 

Upaya membuka akses startup terhadap pendanaan juga dilakukan lewat Bandung Start Up Pitching Day yang dilakukan sekali setahun. The Greaterhub menyeleksi startup yang mendaftarkan diri untuk bisa mempresentasikan idenya di hadapan venture capital yang diundang. Tahun ini, 25 startup mengikuti ajang ini.

Dina mengatakan, ekosistem untuk startup perlu dibangun dan dikuatkan. Banyak startup yang tak bisa bertahan setelah enam bulan.

Menurut Dina, salah satu kendala besarnya, usaha-usaha rintisan ini kesulitan menemukan sumber daya manusia yang kompeten bidang teknologi digital. Startup binaan The Greaterhub memang berbasis teknologi, mengingat lembaga ini bernaung di bawah ITB.

"Talent susah didapat. Ada tarik-tarikan talent digital ini," kata Dina.

Sumber daya manusia bidang teknologi digital ini menjadi rebutan, antara startup dan usaha-usaha yang sudah besar. Usaha yang telah mapan biasanya mempunyai posisi tawar yang lebih baik ketimbang usaha-usaha rintisan.***



Editor: Endah Asih

Tags

Komentar

Terkini

X