Sabtu, 29 Februari 2020

Pesan Ridwan Kamil untuk Generasi Z

- 3 September 2019, 17:01 WIB
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil.*/DOK PR

BANDUNG, (PR).- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berpesan agar generasi muda kompetitif dan produktif. Anak muda punya peran besar dalam mewujudkan prediksi Indonesia menjadi negara adidaya pada tahun 2045. 

Di hadapan mahasiswa baru Universitas Widyatama, Ridwan mengatakan, generasi z atau yang berusia di bawah 24 tahun adalah generasi yang beruntung. Sebab mereka bisa menjadi bagian dari 70 persen penduduk Indonesia yang saat itu pada usia produktif.

"Satu-satunya negara yang 70 persen penduduknya usia kerja. Penduduknya bekerja, berkarya, dan berkreasi. Tidak ada lainnya di dunia," kata Ridwan di Aula Universitas Widyatama, Selasa, 3 September 2019.

Pada 2045, Indonesia diprediksi menempati posisi keempat negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Saat ini, posisi Indonesia masih di peringkat 13.

Gubernur yang biasa dipanggil Emil itu mengatakan, prediksi itu bisa terwujud jika Indonesia memenuhi beberapa kondisi. "Ekonominya harus dijaga, harus selalu terdepan," katanya.

Jabar sendiri saat ini pertumbuhan ekonominya mencapai 5,7 persen, di atas pertumbuhan nasional yang ada di angka 5 persen.

Menurut Emil, agar perekonomian terus bergeliat maka pembangunan infrastruktur harus digenjot. "Di mana ada konektivitas, di sana ada ekonomi," ujarnya.

Syarat lainnya, stabilitas nasional juga berperan penting. "Indonesia akan jadi negara adidaya kalau kita tidak suka bertengkar. Hari ini, persoalan kita karena mudah bertengkar karena hal-hal sepele.

Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X