Jumat, 21 Februari 2020

ITB Siap Bantu Penelitian Gunung Tampomas

- 8 Agustus 2019, 08:33 WIB
ITB/DOK. PR

SUMEDANG,(PR).- Institut Teknologi Bandung (ITB), kini berencana akan melakukan optimalisasi terhadap pemanfaatan Gunung Tampomas di wilayah Kabupaten Sumedang.

Rencana itu disampaikan langsung oleh Rektor ITB, Prof. Dr .Ir Kadarsah Suryadi Dea, saat penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Bupati Sumedang, di Gedung Negara, Rabu 7 Agustus 2019.

Dalam penandatanganan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, perencanaan dan pengelolaan pembangunan di Kab. Sumedang itu, Kadarsah menegaskan bahwa pihak ITB siap untuk membantu Pemkab Sumedang dalam optimalisasi pemanfaatan Gunung Tampomas.

"Melalui kerja sama ini, kami akan berusaha membantu optimalisasi pemanfaatan Gunung Tampomas," kata Kadarsah.

Optimalisasi pemanfaatan Gunung Tampomas ini, tutur Kadarsah, salah satunya dengan cara melakukan penelitian terhadap sumber air, serta pemanfaatan berbagai sumber daya alam yang ada di sekitar kawasan tersebut.

Untuk itu, apabila kerja sama ini telah disepakati, maka pihak ITB ke depannya bisa langsung menurunkan ahli teknik lingkungan dan teknik kimia, untuk meneliti kelayakan kualitas air di sekitar kawasan Gunung Tampomas. 

Termasuk menerjunkan tim farmasi untuk membuat obat awet muda berbahan baku melinjo yang banyak ditemukan di sekitar kawasan Gunung Tampomas.

"Bahkan untuk pengemasan produknya, kami juga akan menurunkan tim seni rupa. Supaya produk obat berbahan baku melinjo ini, kemasanya bisa lebih menarik minat pasar," katanya.

Bukan itu saja, Kadarsah juga berencana akan membantu pengembangan di sektor pariwisata. Karena menurutnya, wilayah Sumedang ini memiliki banyak potensi wisata yang perlu dikembangkan.

Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X