Selasa, 10 Desember 2019

Indeks Pendidikan Kab. Bandung Sudah 63,71 Poin

- 3 Mei 2019, 04:12 WIB
PEMBANGUNAN pendidikan berkualitas merupakan salah satu target Pemkab Bandung sesuai Sustainable Development Goals (SDGs).*/HANDRI HANDRIANSYAH/PR

SOREANG, (PR).- Bupati Bandung Dadang M. Naser mengajak semua elemen untuk turut serta mengevaluasi peran pendidikan di Kabupaten Bandung terhadap kecerdasan bangsa. Dengan begitu, pembangunan pendidikan yang berkualitas dan terjangkau bisa diakselerasi.

"Saya mengimbau kepada seluruh komponen daerah, terutama pemangku kebikakan bidang pendidikan untuk berpikir kreatif dan bertindak konstruktif serta melakukan percepatan pembangunan pendidikan berkualitas dan terjangkau," tutur Dadang saat menjadi inspektur Upacara Hari Pendidikan Nasional di SMPN 1 Katapang, Kabupaten Bandung, Kamis 2 Mei 2019.

Dadang menegaskan, pembangunan pendidikan berkualitas merupakan salah satu target Pemkab Bandung sesuai Sustainable Development Goals (SDGs). "Salah satunya adalah menciptakan SDM dengan pengetahuan dan skill mumpuni agar siap menghadapi dunia kerja," ucapnya.

Dalam hal SDM, kata Dadang, Kabupaten Bandung sendiri saat ini sudah mencapai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 71,75 poin. Angka itu salah satunya dicapai berkat indeks pendidikan yang sudah 63,71 poin.

Dalam kondisi itu, Dadang menilai Kabupaten Bandung harus terus meningkatkan kualitas generasi muda. Terlebih dengan bonus demografi yang dimiliki di tengah tantangan era globalisasi.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Juhana. Ia mengimbau semua elemen untuk terus mendorong generasi muda  dakan mengenyam pendidikan setinggi mungkin.

"Semua lulusan SD harus masuk SMP. Semua lulusan SMP harus masuk SMA. Semua lulusan SMA harus melanjutkan ke perguruan tinggi," kata Juhana.

Sebagai motivasi agar generasi muda terus melanjutkan sekolah, Disdik Kabupaten Bandung pun dalam kesempatan itu memberjkan sejumlah penghargaan kepada siswa berprestasi. Beberapa di antaranya adalah Moh. Haikal Al-Farisi siswa SDN Sukadana Ciparay, Iis Isnawati siswa SDN Babakan 01 Ciparay serta para guru dan kepala sekolah berprestasi.

Juhana berharap, penghargaan tersebut bisa memicu penerimanya untuk terus meningkatkan prestasi dan kinerja. "Mudah-mudahan ini bisa memotivasi siswa dan tenaga pendidik agar terus meningkatkan kompetensi dan prestasi," ujarnya.


Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X