Senin, 9 Desember 2019

UNKP dan USBN di SLBN A Kota Bandung Berjalan Lancar

- 22 April 2019, 15:06 WIB
Ujian/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) A Kota Bandung menggelar Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) bagi siswa kelas 9 dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional bagi siswa kelas 6.

Kepala SLBN A Kota Bandung Wawan mengatakan, pada Tahun Pelajaran 2018/2019 ini jumlah peserta UNKP sebanyak 11 siswa. Ujian dilaksanakan di dua ruangan, masing-masing berisi delapan dan tiga peserta. "Seluruh peserta ujian adalah penyandang single disability (satu hambatan)," kata Wawan melalui siaran pers, Senin, 22 April 2019.

UNKP berlangsung selama 4 hari hingga Kamis, 25 April 2019. Mata pelajaran yang diujikan ialah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Pada hari yang sama juga dilaksanakan USBN bagi siswa kelas 6. Jumlah peserta USBN di SLBN A Kota Bandung sebanyak lima siswa. Mereka terbagi menjadi dua ruangan, yaitu ruang untuk peserta dengan hambatan tunggal dan ruang untuk peserta dengan MDVI (Multi Disabilities with Visual Impairment).

USBN dilaksanakan selama tiga hari sampai Rabu, 24 April 2019. Mata pelajaran yang diujikan ialah Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

Wawan mengatakan, pada UNKP dan USBN tahun ini telah disiapkan soal-soal braille yang dicetak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan demikian peserta ujian dapat membaca langsung soal-soal secara mandiri.

"Kami panitia harus melayani setiap peserta didik dalam keadaan apapun dengan layanan yang dimodifikasi sesuai dengan jenis hambatannya karena mereka memiliki hak yang sama seperti peserta didik lainnya," tuturnya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Advokasi SLBN A Kota Bandung Y. Tri Bagio mengatakan, semua siswa telah mempersiapkan diri dengan mengikuti kegiatan pengayaan dan try out mata pelajaran yang diujikan. "Kami berharap mereka dapat lulus semua dan dapat melanjutkan ke jejang yang lebih tinggi," ucapnya.

Secara umum, USBN tahun pelajaran 2018/2019 di Kota Bandung diikuti oleh 38.411 siswa kelas 6 yang tersebar pada 465 SD penyelenggara USBN. Sementata UNBK tingkat SMP diikuti 16.143 peserta yang tersebar di 249 sekolah.***



Editor: Eva Fahas

Tags

Komentar

Terkini

X