Sabtu, 29 Februari 2020

Lulusan 5 Program Studi Ini Sangat Dibutuhkan Industri E-commerce Indonesia

- 2 April 2019, 00:49 WIB
E-COMMERCE/REUTERS

PERKEMBANGAN industri digital memunculkan sejumlah profesi yang berbeda dengan sejumlah pekerjaan yang pernah populer pada masa lalu. Hal itu menjadi kabar baik karena memperluas lapangan kerja yang ada.

Seperti pedang bermata dua, hal itu juga merupakan kabar buruk. Ketua Asosiasi E-commerce Indonesia Ignatius Untung mengutarakan bahwa banyak perusahaan e-commerce sulit mendapatkan tenaga kerja yang sesuai karena terbatasnya sumberdaya manusia yang ahli untuk industri tersebut.

Logikanya, profesi baru yang muncul akan dapat dioptimalkan bila disokong kehadiran sarjana-sarjana yang mumpuni.

Dalam riset yang dilakukan iPrice, ada lima pekerjaan bidang yang membutuhkan paling banyak tenaga kerja dalam industri e-commerce, yakni operation, marketing, engineering, support, dan business development.

Tidak hanya di industri lokal, lima bidang pekerjaan tadi juga menjadi prioritas perusahaan e-commerce regional Asia Tenggara. Program pendidikan apa saja yang selaras dengan lima bidang tersebut? Berikut rinciannya.

Komputer

Industri e-commerce tumbuh dari evolusi digital yang dijalankan dengan komputerisasi menggunakan bahasa pemrograman. Karena itu, pemahaman mengenai keilmuan komputer merupakan modal berharga untuk menjalani karier.

Tenaga kerja dari program studi ilmu komputer biasanya banyak diserap bidang pekerjaan engineering dan operation. Prospek dan tren karier yang paling populer dari keilmuan berbasis komputer salah satunya adalah web developer.

Komunikasi

Perusahaan e-commerce tidak mengandalkan keahlian komputer semata untuk menggerakan roda bisnis. Profesi berlandaskan keilmuan sosial seperti komunikasi juga banyak tercipta dalam industri e-commerce.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X