Jumat, 6 Desember 2019

Ribuan Pelajar dan Mahasiswa Asal Karawang Terima Beasiswa dari Bupati Cellica

- 28 Desember 2018, 17:45 WIB
Bupati Cellica Nurrachadiana berfoto bersama sejumlah penerima beasiswa Karawang Cerdas.*/DODO RIHANTO/PR

KARAWANG, (PR).- Sebanyak 3.737 siswa SMK/SMK dan  mahasiswa kelahiran Karawang, mendapatkan beasiswa tahun 2018 dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat. Pemberian program Karawang Cerdas yang dikerjasamakan dengan Bank Jabar Banten (BJB).

"Saya minta uang beasiswa ini tidak digunakan untuk foya-foya. Jika diketahui ada yang menggunakannya untuk hal yang tidak berguna, beasiswanya saya cabut," ujar Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana di acara launching program Karawang Cerdas, yang dilangsungkan di Gedung Singaperbangsa, Jumat 28 Desember 2018.

Dijeskan Cellica, beasiswa itu terbagi dalam dua kategori, yakni beasiswa kategori prestasi dan kategori jalur ekonomi tidak mampu. Dasar pemberian beasiswa adalah Perbub nomor 66 tahun 2018 tentang program Karawang Cerdas.

"Saya sering mendapatkan curhat dari warga tidak mampu tetapi punya semangat melanjutkan pendidikan. Atas dasar itu saya luncurkan beasiswa melalui program Karawang Cerdas," katanya.

Disebutkan, beasiswa diberikan kepada 150 mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta di Karawang. Kemudian untuk 47 mahasiswa PTN di luar Karawang.

"Adalagi juga 1 orang mahasiswa Karawang yang berkuliah di luar negeri. Masing-masing mendapatkan beasiswa Rp 12 juta rupiah per tahun," kata Cellica.

Selain itu, lanjutnya, beasiswa juga diberikan kepada 1.219 pelajar SMK dan 2.290 pelajar SMA di Karawang. "Untuk pelajar kami kucurkan Rp 1,4 juta per orang. Kendati jenjang SMK dan SMA sudah menjadi kewenangan Provinsi, kami tetap ingin membantu warga tidak mamoubyang bersekolah pada jenjang tersebut," katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Cabang Bank BJB, Arfandy mengatakan, total beasiswa untuk mahasiswa adalah Rp 5 miliar, sedangkan untuk tingkat SMK/SMA sebesar Rp 8 miliar.

"Beasiswa diaalurkan langsung ke rekening Bank BJB atas nama masing-masing penerima," kata Arfandy.***



Editor: Gita Pratiwi

Tags

Komentar

Terkini

X