Minggu, 7 Juni 2020

Jaksa Sahabat Guru, Upaya Preventif agar Guru Terhindar Kasus Hukum

- 8 November 2018, 14:03 WIB
SEKRETARIS Dinas Pendidikan, Firman Adam (kiri) bersama Kajati Jabar, Raja Nafrizal (kedua kiri) dalam acara pelaksanaan program “Jaksa Sahabat Guru” di SMAN 9 Kota Bandung, Jalan Suparmin, Kamis 8 November 2018.*

BANDUNG, (PR).- Kejaksaan Tinggi Jawa Barat merasa prihatin dengan kondisi guru yang selama ini cukup banyak berurusan dengan masalah hukum. Misalnya, penyimpangan dalam pengelolaan anggaran sekolah, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Atas dasar ini, Kejati Jabar bersama Dinas Pendidikan, dan PGRI Jabar menyelenggarakan program “Jaksa Sahabat Guru”.

"Saya merasa prihatin kepada guru yang tersangkut masalah hukum. Padahal, kita sampai saat ini berkat jasanya para guru. Melihat hal ini saya berpikir mengapa kita tidak damping guru?,” ungkap Kajati Jabar, Raja Nafrizal di sela-sela pelaksanaan program “Jaksa Sahabat Guru” di SMAN 9 Kota Bandung, Jalan Suparmin, Kamis 8 November 2018.

Diakuinya, selama ini juga kejaksaan sering mendampingi pelaksanaan proyek triliunan rupiah, tapi mengapa kepada guru sebagai Pahlawan  Tanpa Tanda Jasa kejaksaan belum pernah melakukan pendampingan. Oleh karena itu, melalui program” Jaksa Sahabat Guru”, kejaksaan akan melakukan pendampingan kepada guru. “Ke depan setelah ada program ini, jangan ada guru yang tersangkut kasus hukum,” katanya. Raja juga mengatakan selama ini di Jabar memang belum ada guru yang berurusan dengan hukum. Pihaknya baru menerima laporan saja, hanya indikasi, tidak sampai masuk ranah pidana.

Salah seorang guru SMAN 9 Kota Bandung, Heni Rusmini mengatakan program ini sangat bagus. “Kita lebih tercerahkan dengan adanya penerangan dari Kejati Jabar. Jadi kita tahu mana yang melanggar dan mana yang tidak. Misalnya dalam pungutan, kita jadi lebih tahu mana pungutan yang boleh dilakukan mana yang tidak,” kata Heni.

Setelah dari SMAN 9 Raja bersama Firman berdiskusi program yang sama dengan guru-guru di SMPN 1 Kota Bandung.***

Editor: Administrator


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X