Dalam Sistem Baru SBMPTN, Tidak Ada Tes Keterampilan

- 24 Oktober 2018, 06:24 WIB

JAKARTA, (PR).- Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau LTMPTN menghapus tes keterampilan pada SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2019 jurusan Seni dan Keolahragaan.

Kendati demikian, calon mahasiswa wajib menyertakan portofolio prestasi atau penghargaan yang sesuai dengan jurusan yang akan dilamar.

Ketua LTMPTN Ravik Karsidi mengatakan, penghapusan tes keterampilan merupakan bagian dari kebijakan baru yang diterapkan pada seleksi masuk PTN 2019.

 Ia mengimbau, pendaftar mulai menyiapkan segala dokumen, baik berupa piagam, sertifikat meskipun belum lulus sekolah.

"Yang dulu terdiri atas tes seni dan olah raga, diganti sistem portofolio. Sama seperti pada SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Nanti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) juga. Portofolio penting karena untuk menguji bakat tidak dapat diukur hanya dengan hasil UTBK,” kata Ravik Karsidi di Jakarta, Kamis 24 Oktober 2018.

loading...

Pada seleksi penerimaan mahasiswa baru 2018, tes keterampilan manjadi ujian tambahan setelah peserta melakukan ujian tertulis SBMPTN. Prodi yang mewajibkan tes keterampilan di antaranya Seni Rupa, Desain Komunikasi Visual, dan Ilmu Keolahragaan.

“Tahun depan tidak perlu (tes keterampilan) lagi,” ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi memastikan tes SBMPTN hanya menggunakan UTBK.

Kemenristekdikti juga menambah 10% kuota SBMPTN menjadi minimal 40%. Untuk kuota SNMPTN dikurangi 10% menjadi minimal 20% sedangkan untuk jalur mandiri tetap maksimal 30%.

Halaman:

Editor: Dhita Seftiawan


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X