Jumat, 5 Juni 2020

Lulus SMBPTN dan Harus Jadi Anak Kos, Simak Cara Menabung yang Efektif

- 3 Juli 2018, 02:12 WIB

BAGAIMANA hasil pengumuman SBMPTN 2018? Apa hasilnya kamu harus kuliah di perguruan tinggi negeri yang jaraknya jauh dari tempat tinggalmu? Jika ya, maka selamat datang di kehidupan anak kos.

Merantau demi jenjang pendidikan yang lebih tinggi tentu tidak ada salahnya. Namun bagaimana biaya hidup di kota baru itu lebih mahal?

Berikut ini Pikiran Rakyat rangkum kiat menabung ala anak kos yang efektif 

1. Pisahkan jatah uang dari orang tua

Misalnya, kamu mendapatkan jatah Rp 500.000 seminggu, kenapa tidak menyisihkan Rp 100.000 setiap diberi. Kamu bisa menghemat dari pembelian yang tidak perlu, serta bisa menggunakannya di lain hari untuk kebutuhan yang mepet.

2. Menabung di berbagai tempat

Selain menyimpan saldo di bank, yang mungkin menggoda untuk diambil setiap cek ATM, coba simpan uang di kamar kos. Misalnya di tempat-tempat handmade dari kaleng dan dus bekas makanan.

Taruh penyimpanan itu juga di kolong meja belajar atau lemari baju.

3. Belanja secukupnya

Belanja secukupnya yang dimaksud adalah membeli barang-barang yang kamu butuhkan. Tidak perlu tergesa untuk belanja hal yang diinginkan.

Pasang pengingat dengan kertas yang ditempelkan di dinding kamar, mengenai kebutuhan apa saja yang harus dibeli dan tidak. Bisa juga membuat notes di handphone Anda agar lebih praktis dan mudah.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi A


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X