Selasa, 18 Februari 2020

Sekolah Swasta Masih Tunggu Pengumuman PPDB di Sekolah Negeri

- 12 Juli 2017, 04:32 WIB
PANITIA menunggu calon peserta didik pada pendaftaran peserta didik baru (PPDB) di SMP Pasundan Katapang, Desa Pangauban, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung, Rabu 12 Juli 2017. Sekolah SMP swasta masih menunggu calon peserta didik dari pengumuman sekolah negeri. Sistem zonasi dianggap untuk pemerataan peserta didik ke sekolah-sekolah berdasarkan domisili.*

SOREANG,(PR).- Sekolah-sekolah swasta di Kabupaten Bandung masih menunggu pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah-sekolah negeri. Apalagi sudah ada surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang baru. Yakni surat nomor 35/2017 yang memungkinkan adanya penambahan kuota siswa baru di sekolah-sekolah negeri.

"Sampai hari ini jumlah lulusan SD atau MI yang mendaftar ke SMP Pasundan Katapang baru sedikit. Baru sekitar 30 orang," kata Kepala SMP Pasundan Katapang, Dadang Soufyan Tsauri, di ruang kerjanya, Rabu 12 Juli 2017.

Dia juga mengaku sudah banyak berkoordinasi dengan sekolah-sekolah swasta lain di Kabupaten Bandung terkait hal ini. Dari pembicaraan dengan tersebut, diketahui ternyata jumlah siswa yang mendaftarkan diri rata-rata masih sedikit. 

"Padahal, kegiatan belajar mengajar akan dimulai pada Senin mendatang (17 Juli 2017). Dengan demikian, sekolah-sekolah swasta hanya memiliki waktu cuma tiga hari dari Kamis sampai Sabtu ini," ujar dia.

Terkait Permendikbud

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, kata Dadang menjelaskan, sudah mengeluarkan aturan berupa Permendikbud No. 17/2017. Surat itu berisi tentang batas kuota penerimaan siswa baru. Intinya, Mendikbud hanya membolehkan PPDB di SMP Negeri maksimal 11 kelas. Tiap kelasnya maksimal diisi 32 siswa.

"Hanya, dengan adanya aturan baru dari Kemendikbud ini, memberikan kewenangan kepada kabupaten atau kota dalam masalah daya tampung siswa. Akhirnya bisa terjadi, kabupaten atau kota menambah kuota siswa baru di SMP atau SMA negeri," kata dia.

Imbasnya PPDB di sekolah-sekolah swasta juga akan terpengaruh apabila sekolah-sekolah negeri menambah jumlah kuota siswanya.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X