Pintek Luncurkan #PintekSobatUKM untuk Membantu Pendanaan UKM Pendidikan!

- 11 Oktober 2021, 07:54 WIB
Pintek Luncurkan #PintekSobatUKM untuk Membantu Pendanaan UKM Pendidikan!
Pintek Luncurkan #PintekSobatUKM untuk Membantu Pendanaan UKM Pendidikan! /Dok. Pintek

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah sudah menggelontorkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik untuk tahun 2021, yang alokasinya sebesar Rp17,7 triliun untuk 31.695 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Dana tersebut dapat digunakan sekolah untuk ketuntasan sarana dan prasarana pendidikan termasuk pengadaan media pembelajaran dan alat teknologi, informasi, dan komputer (TIK). Kebijakan sudah dimanfaatkan banyak UKM yang bergerak di bidang pengadaan sekolah.

Dana BOS tahap 3 akan cair pada bulan September hingga Desember 2021. Penyaluran Dana BOS tahun ini mencapai Rp 52,5 triliun yang akan dibagi ke 216.662 satuan pendidikan di jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB di Indonesia. Dengan pencairan dana ini, akan ada lonjakan pembelian dari pihak sekolah yang harus melaksanakan PBJ melalui SIPLah, sesuai dengan ketentuan Permendikbud No 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengadaan Barang dan Jasa oleh Satuan Pendidikan.

Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) adalah platform milik Kemendikbud yang bertujuan untuk mempermudah pengadaan barang jasa (PBJ) sekolah. Sekolah dapat menggunakan layanan tersebut untuk membeli barang jasa secara online.

Dengan pembelanjaan sekolah dilakukan melalui platform SIPLah, pemerintah dapat mengawasi penggunaan dana BOS. Selain itu, melalui SIPLah Pemerintah juga mendukung pelaku usaha di bidang pendidikan. Hal tersebut tentu menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi para UKM pendidikan untuk mengembangkan bisnisnya.

Baca Juga: Bongkar Salah Kaprah TNI Selama Ini, Gubernur Lemhanas Tegaskan Rakyat Itu Punya Presiden

Melalui SIPLah, pelaku usaha memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan keuntungan maksimal dan mengembangkan bisnisnya. Soalnya, mereka akan mendapatkan pasar yang jelas dan luas yaitu satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Keuntungan berjualan di SIPLah juga sudah dirasakan oleh banyak UKM pendidikan yang sukses meraup omzet hingga miliaran rupiah.

“Sejak bergabung di SIPLah, saya berhasil mendapatkan omzet lebih dari Rp 1 miliar di tahun pertama dan kini sudah memiliki empat perusahaan lain tapi masih fokus di bidang pendidikan," ujar Yoshua Duta Budi Pragiwaksa selaku Direktur CV Simha Duta.

Hal serupa juga dialami oleh vendor pendidikan lain yaitu Ma’ruf Ikhsan dari CV Insan Kencana yang berhasil mendapat keuntungan hingga Rp 8 miliar. Iksan mengutarakan bahwa kebutuhan modal bagi usahanya menjadi sangat penting untuk memenuhi lonjakan permintaan ini.

"Pintek sangat membantu saya dalam mengembangkan bisnis. Pelayanannya juga sangat baik karena sangat fast response. Sejak mengajukan pendanaan di Pintek, saya sudah meraup omzet hingga Rp 8 miliar. Nilai yang sangat fantastis bagi saya," ungkap Ikhsan.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X