Sejarah Membuktikan Vaksin Eliminasi Sejumlah Penyakit hingga 90 Persen

- 1 Oktober 2021, 17:00 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /Pixabay/PIRO4D

PIKIRAN RAKYAT - Dosen Fakultas Farmasi UI Dr. apt. Heri Setiawan, M.Sc. mengatakan bahwa sepanjang sejarah dunia, vaksin telah mengeliminasi beberapa penyakit hingga 90 persen.

"Dalam ilmu kesehatan masyarakat, terdapat beberapa tahap bagi vaksin untuk mengurangi penularan penyakit, yaitu kontrol, eliminasi, dan eradikasi (pemusnahan penyakit)," kata Heri, Kamis 30 September 2021.

Menurut Heri, untuk kasus Covid-19, masih belum terlihat apakah vaksin bisa mencapai tingkatan eradikasi atau hanya sebatas kontrol.

Vaksin Covid-19, dalam pelaksanaannya memiliki sejumlah efek samping walau tidak terlalu mengkhawatirkan seperti demam, pusing, serta pegal.

Baca Juga: Amien Rais Sebut Xi Jinping Akan Ekspansi Komunisme ke Indonesia: Penduduk China Sudah Pengap

Program vaksinasi yang saat ini berlangsung bertujuan meminimalisasi efek samping tersebut dengan berbagai aturan dan regulasi yang ada seperti proses screening yang harus dilakukan pasien sebelum melakukan vaksinasi.

Bahkan, setelah vaksinasi pun penerima vaksin akan dipantau beberapa saat untuk melihat adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau tidak.

"Ini risiko yang terkendali, ada risiko tapi bisa dikendalikan dan sudah disiapkan sistemnya," ujar Heri seperti dilaporkan Antara.

Sementara itu, dr. Rulliana Agustin, M.Med.Ed. menjelaskan bahwa pengaturan proses vaksinasi yang terdiri atas empat tahap saat ini memiliki tujuan mencegah efek samping dari vaksin.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X