3 Mahasiswa UGM Ciptakan Formula Jahe Merah Sebagai Obat Penyakit Ginjal Kronis

- 12 Agustus 2021, 09:42 WIB
Hasil pengembangan formula jahe merah yang dilakukan tiga mahasiswa UGM.
Hasil pengembangan formula jahe merah yang dilakukan tiga mahasiswa UGM. /Humas UGM/Ega

PIKIRAN RAKYAT – Jahe merupakan tanaman berbunga yang berasal dari Asia Tenggara dan menjadi salah satu rempah paling sehat dan tahukah banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi jahe, khususnya jahe merah?

Jahe merah mengandung senyawa yang bermanfaat seperti shogaol, gingerol, zingeron, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya zat aktif yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Pasalnya, tiga mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mengolah jahe merah menjadi sebuah formula yang dapat digunakan sebagai agen penghambat penyakit ginjal kronis dengan faktor risiko hipertensi.

Menurut salah satu mahasiswa pengembang formula jahe merah bernama Nada Hanifah, jahe merah memiliki senyawa yang dapat menghambat enzim penyebab vasokonstriksi dan menurunkan tekanan darah.

“Jahe merah mengandung sejumlah senyawa, seperti gingerol, shogaol, flavonoid serta aktivitas antioksidan yang tinggi dapat menghambat enzim penyebab vasokonstriksi dan menurunkan tekanan darah,” kata Nada Hanifah.

Baca Juga: Dokter Richard Lee Dijemput Paksa Polisi, Kuasa Hukum Sampai Kebingungan: ini kok Jadi Langsung Tersangka

Dilansir Pikiran-Rakyat.com (PR) dari UGM, Kamis, 12 Agustus 2021, kandungan antioksidan pada jahe merah mampu menurunkan stres oksidatif, sehingga menghambat kerusakan pada ginjal.

Ekstrak jahe merah diformulasikan dengan teknologi nanoemulsi guna meningkatkan solubilitas, stabilitas, serta efektivitas dari ekstrak jahe merah.

Pengembangan formula yang diberi nama ZAHA tersebut dilakukan mahasiswa FKH UGM bersama Yusuf Farid Achmad (FKH) dan Aida Humaira (Fakultas Farmasi).

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: ugm.ac.id


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X