Hindari 4 Hal Ini Saat Menentukan Jurusan Kuliah

- 24 Januari 2021, 13:26 WIB
Ilustrasi Kampus.* /Pixabay


PIKIRAN RAKYAT
- Sudah berada di tahun terakhir bangku sekolah? Kalau begitu, saatnya mempersiapkan jenjang universitas! Ada begitu banyak hal yang perlu kamu persiapkan, mulai dari kesiapan akademis, biaya, hingga mental.

Khusus akademis, kamu tentu perlu mempersiapkan sesuai tujuan jurusan kuliah yang akan dipilih.

Lalu, bagaimana jika belum memiliki pilihan program studi? Menentukan jurusan atau program studi memang bukan hal mudah. Ada beberapa faktor yang perlu kamu jadikan pertimbangan.

Baca Juga: Pemain Barcelona Jadi Rebutan Chelsea dan Man Utd

Kali ini, ketahui lebih dulu beberapa hal yang perlu kamu hindari saat memilih jurusan kuliah yuk! Dengan begitu, kamu tak akan salah pilih jembatan masa depan.

1. Mengikuti yang sedang tren

Setiap tahun tren tentu akan berubah, tak terkecuali jurusan favorit. Dari pada berbondong-bondong berusaha lolos mengikuti tren yang ada, akan lebih baik jika mencari peluang lain yang tak kalah menarik. Tentunya, kamu tetap perlu mengikuti kemampuan yang dimiliki.

Jadi, cobalah untuk tidak terdorong oleh pilihan tren atau teman terdekat. Selain dapat menjerumuskan kamu ke pilihan yang salah, memilih berdasarkan tren pun tak menjamin adanya peluang karir nantinya. Meski begitu, jika jurusan favorit tersebut sesuai minat kamu tak ada salahnya untuk terus mengejarnya ya.

2. Menuruti kemauan orang tua

Sebenarnya tak salah sepenuhnya jika kamu menuruti kemauan orang tua. Namun, bisa jadi salah saat jurusan yang dipilih tidak sesuai minat kamu. Kursi universitas tentu jauh berbeda dengan masa sekolah, di mana kamu akan lebih banyak praktek agar mampu secara mandiri memecahkan masalah.

Halaman:

Editor: Rahmad Maulana


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X