Kabar Baik, Tahun Ini Kemendikbud Kembali Membuka Pendaftaran Seleksi Guru Penggerak

- 18 Januari 2021, 19:31 WIB
Ilustrasi seorang guru SDN 4 Kertasari tengah melaksanakan kegiatan belajar mengajar luar jaringan (luring) berupa guru keliling (guling) di salah satu masjid, beberapa waktu lalu. Seleksi CPNS Guru Tetap Diselenggarakan, Namun PPPK Lebih Diutamakan /Pikiran-Rakyat.com/Nurhandoko Wiyoso

PIKIRAN RAKYAT - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan tahun ini kembali membuka pendaftaran seleksi Guru Penggerak angkatan ketiga.

Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Praptono, menjelaskan bahwa Kemendikbud terus mencari dan menyeleksi guru-guru terbaik di seluruh Tanah Air.

“Kami terus mencari guru-guru yang memiliki potensi yang dapat menggerakan ekosistem di sekolahnya untuk berkolaborasi dengan sekolah lain kami juga menyeleksi guru-guru yang mau bergerak tanpa disuruh dan mereka bergerak selalu berpihak kepada murid,” ujar Praptono dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin, 18 Januari 2021.

Baca Juga: Datang ke Bareskrim Polri, Bima Arya Beberkan Kejanggalan di Manajemen RS Ummi Terkait Habib Rizieq

Seleksi tersebut berlaku untuk guru jenjang TK, SD, SMP dan SMA. Pada 2021 Kemendikbud juga akan melakukan rekrutmen bagi calon Pengajar Praktik untuk angkatan ketiga.

Kegiatan itu terbuka untuk guru, kepala sekolah, pengawas sekolah dan praktisi pendidikan. Nantinya, para pengajar praktik mempunyai peran untuk memfasilitasi calon guru penggerak dalam melakukan refleksi.

Seperti membuat capaian perkembangan, melakukan evaluasi, memberikan umpan balik, serta menfasilitasi lokakarya pada proses seleksi Guru Penggerak.

Baca Juga: Polisi Ungkap Fakta Pesta Raffi Ahmad Usai Disuntik Vaksin Covid-19, Bakal Ditahan?

Sebagaimana ada 56 kabupaten/kota dari 25 provinsi yang tersebar di enam pulau besar menjadi daerah sasaran PGP angkatan ketiga. Selanjutnya, PGP angkatan 4 juga akan membuka seleksi mulai tanggal 1 Maret hingga 8 Mei 2021.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X