Bicara soal Disrupsi Pendidikan Indonesia, Rhenald Kasali: KIta Sedang Hadapi Perang Dunia Kelima

- 14 Januari 2021, 15:45 WIB
Prof. Rhenald Kasali, Guru Besar Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sekaligus Komisaris Utama PT Telkom Indonesia dalam talkshow virtual SMA Pradipta Dirgantara sebagai Icon Disrupsi Pendidikan Indonesia, Kamis 14 Januari 2021... /Tangkap Layar zoom

PIKIRAN RAKYAT - Dunia sedang dilanda disrupsi. Akibatnya, timbul banyak gangguan lantaran banyak perubahan yang terjadi tanpa kita sadari, termasuk di dunia pendidikan Indonesia.

Kendati demikian, kita dituntut untuk mengikuti perubahan yang terjadi di era disrupsi. Pendidikan Indonesia pun harus berubah mengikuti arah zaman agar tidak ikut tersisihkan.

"Kata kuncinya adalah relevan," tutur Prof. Rhenald Kasali dalam talkshow bertajuk 'SMA Pradipta Dirgantara sebagai Icon Disrupsi Pendidikan Indonesia', Kamis 14 Januari 2021.

Baca Juga: Sempat Berwasiat agar Dimakamkan di Lombok, Mertua Syekh Ali Jaber: Yang Masih Hidup yang Memutuskan

Guru Besar Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia itu menegaskan bahwa disrupsi akan menyisihkan orang-orang yang terpaku pada masa lalu.

Menurut Rhenald, teknologi baru yang terus berkembang dan mengubah masa depan membuat kita perlu menciptakan relevansi.

"Seringkali apa yang terjadi adalah kita membawa masa lalu ke hari ini. Itu artinya tidak mampu keluar dari perangkap masa lalu bukan?" kata dia.

Baca Juga: Gelagat Pemerintah Korea Utara yang Mencurigakan, Muncul Dugaan Merebaknya Pandemi Covid-19

Rhenald mencontohkan dengan perubahan konflik dunia dari perang dingin hingga perang narasi yang sedang hadapi hari ini.

Halaman:

Editor: Mahbub Ridhoo Maulaa


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X