20.000 Rumah Disediakan untuk Guru hingga Penjaga Sekolah PAUD-SD-SMP-SMA, Cicilan Rp900.000/Bulan

- 25 November 2020, 18:14 WIB
Ilustrasi rumah. /Pixabay/OpenClipart-Vectors

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membangun 20.000 rumah subsidi untuk guru tingkat PAUD, SD, SMP, dan SMA.

Pembangunan rumah itu merupakan program kredit rumah tinggal bersubsidi bagi penyelenggara pendidikan yang digagas oleh Pemprov Jabar dan diberi nama Bakti Padamu Guru atau Bataru.

Sebagai tahap awal, pada 2020, Pemprov Jabar akan membangun 10.000 rumah subsidi yang tersebar di 17 kabupaten/kota untuk guru tingkat PAUD, SD, SMP, dan SMA.

"Mudah-mudahan hadiah dari Pemda Provinsi Jabar di Hari Guru Nasional dan HUT PGRI yang ke-75, dapat membantu meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidikan dengan memiliki rumah milik pribadi dengan harga terjangkau. Ini merupakan tahap pertama, dan jika selesai akan dilanjutkan ke tahap berikutnya," ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Rabu 25 November 2020.

Baca Juga: Pangdam Jaya Mengaku Didatangi FPI, Ini Pesan yang Diberikannya

Bataru diluncurkan bertepatan dengan Hari Guru Nasional Tahun 2020 dan berlaku bagi guru, tenaga administrasi sekolah, hingga penjaga sekolah dengan penghasilan di bawah Rp8 juta dan belum memiliki rumah.

Dengan Bataru, tenaga pendidikan memungkinkan membeli rumah seharga Rp150 juta dengan cara kredit dan cicilan Rp900 ribu per bulan. Pemprov Jabar bekerja sama dengan bank bjb untuk pembiayaannya.

Peluncuran Bataru dilakukan Ridwan Kamil pada perayaan Hari Guru Nasional tingkat Jawa Barat dan HUT ke-75 PGRI di Sekolah Cakra Buana, Depok.

Peluncuran Bataru ditandai penandatanganan nota kesepahaman antara Pengembang Indonesia dengan bank bjb tentang Program Rumah Subsidi untuk Guru dan Tenaga Kependidikan.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X