Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Cerah berawan, 30.1 ° C

Demi SMS Cinta Sekolah, Ada Siswa yang Menginap di Kelas

Tim Pikiran Rakyat
KEPALA Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar, Ahmad Yani, menunjukan parabot buhun dan dipegangnya di SMPN 6 Banjar.*/DEDE IWAN/KABAR PRIANGAN
KEPALA Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar, Ahmad Yani, menunjukan parabot buhun dan dipegangnya di SMPN 6 Banjar.*/DEDE IWAN/KABAR PRIANGAN

BANJAR,(PR).- Sebanyak 21 sekolah tingkat SD dan SMP di Kota Banjar mengikuti lomba "Anugrah SMS Cinta Sekolah" Tingkat Kota Banjar.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar, Ahmad Yani, dari 21 sekolah itu terdiri atas 10 SD dan 11 SMP. 

"Tahun 2020 diprogramkan seluruh sekolah di Kota Banjar mengikuti penilaian SMS Cinta Sekolah, "ujar Ahmad Yani seraya menjelaskan, jumlah SD se-Kota Banjar sebanyak 86 sekolah dan SMP berjumlah 25 sekolah.

Kepanjangan dari "SMS Cinta Sekolah" ini, dijelaskan dia, Sembilan Menit Siswa (SMS) Cinta Sekolah. Meliputi, 3 menit pagi hari sebelum masuk sekolah, 3 menit saat istirahat dan 3 menit sebelum pulang sekolah. 

Menurutnya, program ini diluncurkan Bidang Dikdasmen Disdikbud Kota Banjar. Di ntara tujuannya ini, memotivasi sekolah supaya bersolek, mewujudkan sekolah yang sehat, bersih, indah dan memberikan kenyamanan. Kondisi ini diharus bisa dirasakan dirasakan pelajar, guru dan maupun masyarakat umum nantinya. 

"Teknisnya, otomatis diharuskan ada kerja sama, sinergitas antara pihak sekolah, guru, pelajar, orangtua murid, komite sekolah dan stakeholder terkait lainnya," ujar Ahmad Yani kepada wartawan Kabar Priangan, Dede Iwan, Sabtu 19 Oktober 2019.

Semakin cantik

Dikatakan dia, peluncuran SMS Cinta bermodalkan nekat. Karena, penataan sekolah menjadi semakin cantik dan mempesona itu tidak ada alokasi anggaran  yang bersumber dari APBD Kota Banjar. Kalaupun ada itu hanya support dari CSR Bank bjb saja.

Penilaian anugrah SMS Cinta Sekolah ini, dijelaskan dia, melibatkan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar, Dinas Kesehatan Banjar, dan Disdikbud Kota Banjar. 

Kepala SDN 2 Banjar, Ny Yayat Maryati, menyatakan, persiapan menyambut anugrah SMS Cinta Sekolah berkisar tiga bulan saja. Meliputi, penataan fisik berbentuk penataan kelas, cat ruang kelas, taman dan fasilitas pelengkap seperti sarana prasarana sekolah. 

"Orangtua murid dan komite sekolah mendukung sepenuhnya. Mereka rela patungan demi suksesnya program Disdik Banjar. Berlatar sudah memberikan kenyamanan, di antara siswa yang berminat akhir-akhir ini ada yang sampai bermalam/menginap di kelas," ujarnya seraya mengungkapkan jumlah siswa SDN 2 Banjar seluruhnya 323 orang.

Kepala SMPN 7 Banjar, Ace Maman S, mengakui, proses penyambutan penilaan anugrah SMS Cinta Sekolah yang berlangsung 2 pekan. "SMPN 7 Banjar unggulkan jingle SMS Cinta Sekolah. Diharapkan berhasil meraih juara tingkat Kota Banjar," ujarnya.***
 

Bagikan: