Pikiran Rakyat
USD Jual 14.039,00 Beli 14.137,00 | Cerah berawan, 26.6 ° C

Pemprov Jabar Sediakan Ribuan Beasiswa Kuliah

Sarnapi
ANGGOTA tim ahli Dinas Pendidikan Jabar, Dwi Larso.*/SARNAPI/PR
ANGGOTA tim ahli Dinas Pendidikan Jabar, Dwi Larso.*/SARNAPI/PR

BANDUNG,(PR).- Pemprov Jabar menggulirkan beasiswa Jabar Future Leader untuk menjaring putra tebaik Jawa Barat agar bisa kuliah di universitas terbaik di Jawa Barat. Universitas yang dituju adalah universitas yang mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

"Kriteria lulusan SMA/SMk yang bisa mengakses beasiswa kuliah ini adalah memiliki prestasi, membuat tulisan soal potensi daerah, dan diutamakan dari keluarga ekonomi yang kurang mampu," kata anggota tim ahli Dinas Pendidikan Jabar, Dwi Larso, di Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, Selasa 15 Oktober 2019.

Dwi yang lulusan Teknik Industri ITB ini menyatakan, latar belakang pemberian beasiswa kuliah ini sebagai upaya mencari dan mengembangkan calon-calon pemimpin masa depan. "Jadi dilihat dari nilai akademik, kepemimpinan, spiritualitas, soft skill dan keterampilan sosialnnya sebab dipersiapkan sebagai calon pemimpin masa depan," katanya.

Saat ini program beasiswa sudah dibuka dan tinggal menunggu pengumuman calon-calon siswa yang akan menerimanya. "Total anggaran sebesar RP 50 miliar per tahun. Semoga tahun depan ada kenaikan anggaran sehingga akan lebih banyak lagi warga Jawa Barat yang menikmatinya," ujarnya.

Dwi menambahkan, beasiswa dibagi dua kelompok yakni beasiswa penuh sampai lulus kuliah dan beasiswa per tahun. "Beasiswa penuh berarti semua biaya kuliah ditanggung Pemprov Jabar ditambah dengan biaya hidup harian. Jumlah penerima beasiswa penuh ini 400 orang," tuturnya.

Selain itu, beasiswa penuh juga program S-2 untuk 157 orang dan beasiswa S-3 sebanyak 50 orang. "Syaratnya harus kuliah di perguruan tinggi akreditasi A yakni semua PTN di Jabar yakni UI, ITB, IPB, Unpad, UPI, dan UIN Sunan Gunung Djati. Sedangkan PTS akreditasi A yaitu Unpas, Unpar, Universitas Presiden, Unisba, dan Universitas Telkom," katanya.***

Bagikan: