Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Cerah berawan, 20.7 ° C

Sebelum Terapkan K13, Ini yang Perlu Dipahami Guru

Tim Pikiran Rakyat

ILUSTRASI kurikulum 2013.*/ANTARA
ILUSTRASI kurikulum 2013.*/ANTARA

SERANG, (PR).- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Serang memastikan SMP Negeri dan Swasta menggunakan Kurikulum 2013 (K13). Kurikulum sebagai pedoman dalam proses pendidikan, tentu menjadi acuan utama dalam pembelajaran.

“Kami pastikan tahun ajaran 2019/2020  di setiap jenjang melaksanakan K13 semua. Sebelum menerapkan K13 di sekolah, guru mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang dilatih langsung oleh instruktur dari Disdikbud Kabupaten Serang yang sudah tersertifikasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” kata Kepala Seksi (Kasi) Kurikulumu SMP Disdikbud Kabupaten Serang Cahyono, di Disdikbud Kabupaten Serang, Rabu 25 September 2019.-

Ia menjelaskan, penerapan K13 tersebut bertujuan agar guru dapat memahami esensi kurikulum 2013, yakni dalam membuat rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran kemudian melakukan evaluasi pembelajaran dan tindak lanjutnya.

“Ada delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang menjadi acuan pertama dalam setiap proses pendidikan, yakni standar isi, standar kompetensi lulusan, standar proses, standar pengelolaan. Standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar saeana prasarana, standar penilaian dan standar pembiayaan,” ujarnya.

Ia mengatakan, tidak hanya sarana prasana, tetapi persiapan tenaga pendidik. Karena mereka merupakan ujung timbak dalam keberhasilan dalam menerapakan kurikulum tersebut.

“Kami berharap Kurikulum 2013 yang dietrapakan tersebut dapat terwujudnya generasi yang bertaqwa, cerdas tidak hanya siswa tetapi guru juga mampu menghadapi tantangan zaman,” katanya kepada wartawan Kabar Banten, Denis Asria.***
 

Bagikan: