Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Sedikit awan, 21.8 ° C

Prajurit TNI Awasi Latihan Kepemimpinan Siswa dari 12 SMK

Anwar Effendi
SEBANYAK 89 siswa dari 12 SMK se-Kabupaten Karawang mengikuti program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), Jumat-Sabtu 20-21 September 2019.*/ISTIMEWA
SEBANYAK 89 siswa dari 12 SMK se-Kabupaten Karawang mengikuti program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), Jumat-Sabtu 20-21 September 2019.*/ISTIMEWA

KARAWANG, (PR).- Sebanyak 89 siswa dari 12 SMK se-Kabupaten Karawang mengikuti program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), Jumat-Sabtu 20-21 September 2019. Latihan semi militer ini langsung di bawah pengawasan prajurit TNI dari Detasemen Pemeliharaan Daerah Latihan (enharrahlat) Kostrad.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong penguatan mental, pembentukan karakter kedisiplinan, dan pembentukan attitude positif. Pelatihan ini dilakukan dalam bentuk pemberian motivasi, pelatihan baris-berbaris, dan permainan edukatif.

GM Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM), Ahmad Muhibbuddin mengatakan, siswa peserta LDKS berasal darik SMK binaan AHM. Program  LDKS ini merupakan rangkaian dari program Astra Honda Youth Empowerment Program (AHYEP). Program ini diawali dengan seleksi kepada 345 peserta di AHM Plant Karawang hingga akhirnya terpilih 89 peserta. Seleksi dilakukan secara komprehensif melalui metode psikotes dan interview.

LDKS sebagai pembuka rangkaian AHYEP ini diharapkan mampu berkontribusi dalam pembentukan mental dan karakter siswa. Dengan mental dan karakter yang solid, diharapkan setelah lulus bisa menjadi generasi muda yang lebih siap dan sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

“Dengan rangkaian program yang disusun secara komprehensif ini, kami berharap peserta lebih memiliki kesiapan mental dan kedisiplinan dan wawasan tentang bekerja di industri. Peserta diharapkan lebih mampu bersaing untuk meraih masa depannya. Dengan ini, kami juga berharap bisa mendukung program Jabar Juara yang digaungkan oleh pemerintah Jabar untuk melahirkan generasi muda unggulan,” ucapnya.

Melihat pabrik

Setelah lulus menjalani program LDKS AHYEP, para peserta akan mendapatkan pelatihan komprehensif di AHM Plant Karawang. Pelatihan dilakukan beberapa kali di bulan Oktober dan November 2019. Peserta mendapatkan pengetahuan baik dari teori di kelas maupun mempelajari dengan melihat langsung produksi sepeda motor di pabrik. 

Setelah menjalani pelatihan, siswa akan kembali fokus mempersipakn diri menyambut ujian nasional. AHM akan bekerja sama dengan guru untuk memantau perkembangan siswa selama di kelas. Setelah lulus sekolah, mereka berkesempatan mengikuti tes kembali di AHM untuk mendapatkan pengalaman magang selama 6 bulan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya pengalaman dengan melakukan kerja nyata di dunia industri.

Sekolah yang berpartisipasi dalam program ini merupakan sekolah mitra binaan AHM antara lain SMK Rismatek, SMK Texmaco Purwasari, SMK Iptek Al-Ikhwan, SMKN 1 Tirtajaya, SMK Itenas, SMK Tri Mitra, SMK TI Muhammadiyah, SMK Al Ikhlas Batujaya, SMK Nurul Ansor, SMK Teknologi, SMKN 1 Karawang, SMK Lentera Bangsa.***

Bagikan: