Pikiran Rakyat
USD Jual 14.118,00 Beli 14.216,00 | Cerah berawan, 30 ° C

Pelepasan Peserta FLS2N SD dan SMP

Advertorial
DOK. DINAS PENDIDIKAN JAWA BARAT
DOK. DINAS PENDIDIKAN JAWA BARAT

BANDUNG, (PR).- Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dewi Sartika melepas kontingen Jabar yang akan berpartisipasi pada Festival dan Lomba Seni Siswa (FLS2N) Jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tingkat Nasional Tahun 2019 di Mutiara Hotel and Convention Bandung, Jln. Kebon Kawung No. 60, Kota Bandung, Minggu 15 September 2019.

Menurut Dewi, ajang FLS2N bisa menjadi ajang pembuktian bakat siswa. "Tentu FLS2N ini jadi ajang pembuktian bahwa siswa Jabar itu memang juara dan bisa lebih baik dari provinsi lain," ujarnya.

Dewi pun mengapresiasi para siswa yang telah menekuni minat dan bakatnya sedini mungkin. Dengan demikian, mereka masih memiliki jalan panjang serta kesempatan yang terbuka lebar agar bisa bersaing dan mampu mencapai puncak potensinya.

"Mereka anak-anak hebat. Jalan mereka masih panjang dan kelebihan yang mereka punya harus dimanfaatkan sebaik-baiknya agar mampu mengantarkannya menjadi manusia hebat dan membanggakan orang tua, sekolah, dan Jabar. Mudah-mudahan, nanti mereka bisa melaju ke tingkat internasional," harapnya.

Melalui seni, lanjut Dewi, bukan tidak mungkin kelak para siswa mampu pentas di luar negeri. "Anak-anak bisa pergi keliling dunia dengan kemampuan yang mereka miliki, dengan tari ataupun nyanyi. Mereka juga bisa melihat kebudayaan negara lain. Namun, itu semua harus dimulai dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk belajar, latihan, dan jangan lupa terus berdoa," tuturnya.

Sementara itu, Kasi Kesejahteraan Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Disdik Jabar, Budi Hermawan menjelaskan, peserta FLS2N yang berlaga di tingkat nasional merupakan jawara FLS2N tingkat provinsi. "Mereka pun telah mengikuti pembinaan khusus guna mengoptimalkan persiapan di tingkat nasional. Dalam pemusatan pelatihan, saya melihat semangat bertanding yang luar biasa. Mudah-mudahan dampaknya bisa menjadikan Jabar juara," ujarnya.

Pelaksanaan FLS2N jenjang SD dan SMP tingkat nasional tahun ini dilaksanakan di Provinsi Banten dan berlangsung mulai 16 - 21 September 2019. Jumlah kontingen Jabar sebanyak 31 peserta, terbagi antara peserta SD dan SMP beserta pendamping. Kesenian yang dilombakan di jenjang SD, antara lain menari solo, pantomim, seni tari, kriya anyam, dan gambar bercerita. Sedangkan untuk jenjang SMP, yakni menyanyi solo, gitar duet, desain poster, festival kreativitas tari, dan festival kreativitas musik tradisional.

Berikut peserta FLS2N SD Jabar Tingkat Nasional Jabar Tahun 2019:

Gambar bercerita: Egalita Adliyah (SD Al-Azhar Syifa Budi, Kota Bogor)

Kriya anyam: Abdul Wahid (SDN Neglasari, Kabupaten Sukabumi)

Menyanyi tunggal: Farrel Ananda Junior (SDN Baros Mandiri 5, Kota Cimahi)

Pantomim: Aryasatya D.W. (SD Karya Iman, Kabupaten Bekasi)

Seni tari: Syakira Syifa, Sinurat dan Oktiani Anindya (SDN Karangasih 01, Kabupaten Bekasi)

Berikut peserta FLS2N SMP Jabar Tingkat Nasional Tahun 2019:

Cabang lomba desain poster: Andika (SMP K Bina Bakti, Kabupaten Bandung)

Festival kreativitas musik tradisional: Ratu Bazla Batrisya Sofyan, Nuzullul Awwal Nur Achmad, Muhammad Raika Resandinendra, dan Shafa Fadhilah Azzahra (SMPN 1 Kota Bogor)

Festival kreativitas seni tari: Ataya Nasywa Mumtaz, Mona Raissa Yusmizhalanty, Banyu Bening Luhpermataku, Aisha Azalia Rachmat, dan Alexsa Ledistira (SMPN 4 Kota Bogor)

Gitar duet klasik: Nazhila Nurul Hayyinun dan Mahin Abdul Mu'min (SMPN 4 Kabupaten Garut)

Menyanyi tunggal: Britney Kimberly (SMPN 2 Garut)***

Bagikan: