Pikiran Rakyat
USD Jual 14.037,00 Beli 14.135,00 | Umumnya cerah, 25.9 ° C

Mochtar Kusumaatmadja Mendapat Penghargaan Lifetime Achievement pada Dies Natalis ke-62 Unpad

Catur Ratna Wulandari
*/UNPAD.AC.ID
*/UNPAD.AC.ID

BANDUNG, (PR).- Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Mochtar Kusumaatmadja mendapat penghargaan lifetime achievement pada peringatan Dies Natalis ke-62 Unpad. Penghargaan itu sebagai penghargaan atas semua jasanya kepada Unpad dan Bangsa Indonesia.

"Kita sama-sama doakan, semoga beliau senantiasa diberikan kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT. Selain itu semoga keteladanan beliau bisa dicontoh oleh kita semua dan generasi penerus Unpad di masa depan," kata Plt. Rektor Unpad Rina Indiastuti pada Upacara Dies Natalis ke-62 Unpad di Graha Sanusi, Kampus Unpad, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Rabu, 11 September 2019.

Penghargaan itu diserahkan Plt. Rektor Unpad kepada Dekan Fakultas Hukum Unpad An An Chandrawulan karena Mochtar tidak bisa hadir. Ia mengatakan, Mochtar Kusumaatmadja yang tahun ini berusia 90 tahun, merupakan salah seorang penggagas Pola Ilmiah Pokok Unpad bersama-sama dengan Otto Soemarwoto dan Didi Atmadilaga. Rumusan yang berbunyi "Bina mulia hukum dan lingkungan hidup dalam pembangunan nasional" itu menjadi jati diri dan keunggulan Unpad.

Mochtar Kusumaatmadja pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum Unpad. Ia juga dikenal sebagai diplomat yang ulung. Mantan Menteri Luar Negeri pada era Orde Baru itu piawai mencairkan suasana perundingan yang tegang dengan kelakar yang mencairkan suasana.

Pentas dunia

Dalam upcara Dies Natalis ke-62 Unpad itu juga, Plt. Rektor Unpad Rina Indiastuti mengatakan, Unpad akan memperkuat sinergi dengan semua pemangku kepentingan, baik di lingkup daerah, nasional, dan internasional. Langkah itu untuk menjamin keberlangsungan Unpad dan memunculkan dampak positif terhadap kesejahteraan masyrakat sesuai dengan tema peringatan tahun ini, Unpad di Pentas Dunia.

Unpad menegaskan komitmennya untuk mencetak SDM unggul berkelas dunia. Saat ini Unpad berada di peringkat 6 nasional dan berada di  rentang 751-800 peringkat dunia. Unpad mendapat predikat Unggul (terakreditasi A) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Sampai Agustus 2019, terdapat 115 prodi terakreditasi A dari 145 prodi yang ada. "Saat ini Unpad telah memiliki 3 program studi yang telah terakreditasi internasional," kata Rina.

Ia menambahkan, Agustus lalu, 15 prodi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis telah mendapat visitasi dari akreditasi internasional The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, 21st Century Organization (ABEST 21).

Pada perayaan Dies Natalis tahun ini, Unpad meluncurkan Palamarta, sebuah e-commerce yang menjadi tempat memasarkan produk-produk inovasi dan produk UMKM binaannya. Acara ini sekaligus menandai berlakunya Unpad Smart Card bagi pengajar dan tenaga kependidikan. Kartu yang bekerja sama dengan BNI, BRI, dan Bank Mandiri ini digunakan sebagai alat pembayaran serta akses ke layanan parkir.***

Bagikan: