Pikiran Rakyat
USD Jual 14.006,00 Beli 14.104,00 | Sedikit awan, 23.5 ° C

Ilmu Komunikasi Wajib Didalami Semua Mahasiswa

Erwin Kustiman
null
null

JAKARTA, (PR).- Setiap mahasiswa apapun jurusan dan fakultasnya perlu mendalami Ilmu Komunikasi agar sukses selama kuliah. Itu juga sangat berguna buat mencari kerja setelah tamat kuliah.

Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana mengungkapkan hal itu saat sharing Komunikasi dan Motivasi dengan sekitar 1.500 mahasiswa baru dan dosen di Universitas YARSI Jakarta pada Jumat pagi (23/8/2019) kemarin. Tema materinya adalah Mewujudkan Perilaku Cerdas Berintelektual Dengan Menumbuhkan Semangat Cinta Kampus Sebagai Dunia Akademik Bermartabat. Dia tampil sebagai pembicara tunggal.

Menurut Dr Aqua Ilmu Komunikasi itu dapat dipelajari secara otodidak. Tidak harus kuliah linear di Jurusan atau Fakultas Ilmu Komunikasi dari S1 hingga S3 seperti dirinya.

"Terpenting hatinya bersih dan mengawalinya dengan niat baik. Setelah itu serius, sungguh-sungguh, dan tekun mendalami Ilmu Komunikasi dan konsisten menerapkannya baik di kampus maupun di tengah-tengah masyarakat," ungkap Dr Aqua.

Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu melanjutkan bahwa pemahaman Ilmu Komunikasi secara komprehensif dan konsistensi dalam menerapkannya tidak hanya dibutuhkan saat kuliah saja. Ketika bekerja juga membutuhkan itu bahkan vital sekali.

Dr Aqua kemudian menayangkan satu video pendek yang isinya menginfokan hasil penelitian internasional tahun 2002 tentang kesuksesan seseorang yang dikaitkan dengan kemampuan yang dimilikinya. Ternyata dari 20 aspek yang diteliti, mereka yang menguasai Ilmu Komunikasi menempati urutan pertama sukses. Di bawahnya adalah integritas dan kerja sama Tim. Bagaimana dengan yang memiliki Indeks Prestasi yang tinggi? Itu berada di urutan ke-17.

Kebiasaan Berbagi Rejeki

Para mahasiswa/i dan sivitas akademik Universitas YARSI serius menyimak semua yang disampaikan Dr Aqua yang diselingi dengan pemutaran film-film pendek yg inspiratif. Mereka jadi termotivasi setelah melihat semua tayangan video itu.

Suasana terasa cair saat ada seorang mahasiswa baru dipanggil maju untuk berdialog singkat dengan Dr Aqua. Beberapa pertanyaan diajukan ke dirinya terutama yang terkait dengan motivasinya kuliah di Universitas YARSI.

Usai ditanya, mahasiswa Fakultas Ekonomi itu yang saat menjawab membuat yang hadir jadi tertawa, spontan mendapat hadiah uang. Auditorium Ar-Rahman tempat berlangsungnya acara pun bergemuruh oleh tepuk tangan para peserta. Hal serupa juga terjadi saat sesi tanya jawab.

Selama ini salah satu kebiasaan Dr Aqua saat sharing Komunikasi dan Motivasi baik di dalam Negeri maupun mancanegara adalah berbagi rejeki pada peserta. Wujudnya mulai dari buku, uang, hingga dibiayai umrah ke Tanah Suci.

Terkait dengan aktivitas mahasiswa, doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung itu menyarankan agara mereka jangan hanya fokus pada kuliah saja. Sambil kuliah, para mahasiswa sebaiknya juga aktif di organisasi atau kegiatan  kemahasiswaan. 

"Cuma aktifnya maksimal sampai semester empat atau tingkat dua. Setelah itu, selain kuliah aktif magang di berbagai tempat sesuai dengan disiplin ilmunya. Pengalaman magang Itu bekal utama untuk mencari kerja," tegas mantan wartawan di banyak media tersebut.

Manfaatkan secara Optimal

Sementara itu Rektor Universitas YARSI Prof dr Fasli Jalal, Ph.D dalam sambutannya di awal acara mengatakan menghadapi era industri 4.0 yang bertumpu pada pemanfaatan teknologi digital, penguasaan kemampuan Ilmu Komunikasi bagi mahasiswa merupakan suatu keharusan. Untuk itu agar semua mahasiswa baru Universitas YARSI mendalami hal tersebut.

"Di era digital industri 4.0 sekarang ini, para mahasiswa/i tidak cukup hanya memiliki kemampuan atau daya kreatif, kolaboratif, dan berpikir kritis. Lebih dari itu, yang tidak kalah penting ialah kemampuan Komunikasi terutama implementasinya baik di kampus maupun di masyarakat," kata Prof Fasli.

Mantan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang sangat rendah hati itu meminta semua yang hadir untuk menyimak secara sungguh-sungguh dan serius semua yang disampaikan Dr Aqua. Itu sangat penting sebagai bekal para mahasiswa/i saat kuliah dan agar sukses menjalaninya.

"Kehadiran pakar Komunikasi dan motivator hebat Dr Aqua Dwipayana ini merupakan hal yang langka. Beliau jadwalnya padat sekali. Selama ini sangat sibuk keliling Indonesia dan mancanegara. Untuk itu agar memanfaatkannya secara optimal," pungkas Prof Fasli sambil menegaskan kesediaan Dr Aqua sharing Komunikasi dan Motivasi itu semata-mata karena komitmen dan dedikasi sosialnya yang tinggi.

Mantan Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) itu tidak berlebihan. Sebagai pembicara profesional,  tarif Dr Aqua sekali tampil minimall Rp 60 juta nett. Itu belum termasuk tiket pesawat Garuda Indonesia kelas bisnis dan hotel minimal bintang empat jika acara dilaksanakan di luar kota. 

Waktunya yang terbatas sehingga ada puluhan mahasiswa/i yang mendapat kesempatan bertanya. Untuk itu Dr Aqua mempersilakan mereka bertanya lewat media sosial atau selesai acara.

Selain mahasiswa baru dan dosen dari berbagai fakultas, pada acara itu juga hadir Ketua yayasan Universitas YARSI Prof Jurnalis Uddin. Dia turut menyimak yang disampaikan Dr Aqua. ***

Bagikan: